Dorong Kemandirian Ekonomi, GKP Raih Penghargaan Tamasya Award 2023

Minggu, 10 Desember 2023 - 10:12 WIB
loading...
Dorong Kemandirian Ekonomi, GKP Raih Penghargaan Tamasya Award 2023
Gema Kreasi Perdana meraih penghargaan Tamasya Award 2023. FOTO/dok.SINDOnews
A A A
JAKARTA - PT Gema Kreasi Perdana (GKP), perusahaan pertambangan nikel yang beroperasi di Pulau Wawonii Sulawesi Tenggara berhasil meraih penghargaan Tamasya (Tambang Menyejahterakan Masyarakat) Award 2023 dalam kategori 'Implementasi Bidang Kemandirian Ekonomi'. Penghargaan yang diselenggarakan oleh Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM).

"Penghargaan ini merupakan sebuah kehormatan. Kami yang masih awal dalam melakukan pemberdayaan dan pembinaan ini merasa sangat diapresiasi atas kerja kerasnya. Penghargaan ini jadi pemicu semangat bagi tim kami juga untuk bisa memberikan yang lebih baik lagi untuk masyarakat lingkar tambang," ujar Direktur Pembinaan Program Mineral dan Batubara Kementerian ESDM, Tri Winarno dalam pernyataannya, Minggu (10/12/2023).



Penghargaan tersebut merupakan bukti pengakuan dari Kementerian ESDM atas komitmen PT GKP dalam pemberdayaan masyarakat dan pelaksanaan tanggung jawab sosial perusahaan (CSR) yang efektif.

Penghargaan Tamasya Award 2023 menilai kelengkapan administrasi berupa Rencana Induk Pengembangan dan Pemberdayaan Masyarakat (PPM), laporan triwulan, kepatuhan penyampaian data, dan dampak terhadap masyarakat lingkar tambang. Penghargaan dibagi menjadi beberapa kategori yaitu penghargaan untuk perencanaan, implementasi dan monitoring, serta evaluasi.

Alexander menuturkan, program PPM PT GKP mengutamakan aspek kemandirian ekonomi. GKP, kata dia, berhasil meraih penghargaan, khususnya dalam aspek fasilitasi legalitas produk dan penciptaan akses pasar.

Menurutnya, program pengembangan produk Kacang Mete dengan nama Samaturu dan produk keripik kelapa dengan nama Mohawi menitikberatkan pemberdayaan kalangan ibu rumah tangga masyarakat lingkar tambang.

Dia menjelaskan, lebih dari 30 ibu-ibu rumah tangga yang terlibat dan mendapatkan kesempatan untuk mengembangkan keterampilan mereka dalam membuat produk lokal asli dari Roko-Roko, Pulau Wawonii ini. Program ini juga turut berkontribusi pada peningkatan kesejahteraan keluarga.

Peran perusahaan dalam mendampingi pelaksanaan program ini sampai berhasil mendapatkan Sertifikat Halal, Sertifikat Produksi Pangan Industri Rumah Tangga (PIRT), dan juga mendorong pelaku program untuk mendapatkan pasar-pasar baru.

"Apa yang sudah dilakukan PT GKP ini juga tidak akan berhasil tanpa keterlibatan langsung dari masyarakat lingkar tambang. Penghargaan ini bukan hanya untuk kami, tapi juga untuk masyarakat sekitar. Ini jadi semangat baru yang luar biasa untuk kami semua untuk memberikan yang lebih baik lagi untuk masyarakat lingkar tambang," ujar Bambang Murtiyoso, General Manager External Relations GKP.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2372 seconds (0.1#10.140)