TikTok Shop Hadir Lagi lewat Tokopedia, Begini Pesan Asosiasi UMKM

Senin, 11 Desember 2023 - 10:55 WIB
loading...
TikTok Shop Hadir Lagi lewat Tokopedia, Begini Pesan Asosiasi UMKM
Asosiasi UMKM Indonesia (Akumindo) merespons realisasi investasi TikTok ke Tokopedia atau Tokped untuk menjadi jalan kembalinya TikTok Shop di Indonesia. Foto/Dok
A A A
JAKARTA - Sekretaris Jenderal Asosiasi UMKM Indonesia (Akumindo), Edy Misero mengatakan, realisasi investasi TikTok ke PT Tokopedia atau Tokped berdampak positif terhadap bisnis khususnya sektor UMKM . Menurutnya, sinergi ini dapat dicapai apabila kedua entitas mengutamakan produk lokal dan memberikan kesempatan bagi UMKM untuk mencapai pasar global.

“Utamakan yang dijual produk lokal, hadirnya Tokopedia ini bisa menjadi benteng dari serbuan produk impor yang makin merajalela, memberikan fair competition dan bisa membuat gairah industri kecil dalam negeri,” kata Edy dalam keterangan, dikutip Senin (11/12/2023).



Edy memaparkan kerjasama keduanya berpeluang meningkatkan pendapatan penjualan, mendongkrak daya beli dan meningkatkan lapangan kerja. Dengan kabar gabungnya TikTok dan Tokopedia maka pelaku UMKM berpeluang untuk kembali meningkatkan pendapatannya.

“Saat penutupan aplikasi TikTok tidak sedikit pelaku UMKM yang merasa dirugikan karena pendapatannya menurun secara signifikan. Tidak hanya pelaku UMKM, tetapi juga berdampak pada karyawan di perusahaan ekspedisi yang memutuskan memberhentikan karyawannya lantaran sepi orderan,” papar Edy.



Baginya kolaborasi ini bisa menyerap lapangan pekerjaan menyusul banyaknya kreator konten yang semakin meningkat. “Ini juga dipandang memberi kontribusi bagi pekerja ekspedisi. Hal itu bisa di lihat ketika resmi di tutup oleh pemerintah tidak sedikit bagi pekerja ekspedisi yang terdampak,” pungkas Edy.

Sebagaimana diketahui, TikTok akhirnya sepakat untuk menginvestasikan lebih dari USD1,5 miliar atau setara Rp23,2 Triliun sebagai komitmen jangka panjang dalam mendukung operasional PT Tokopedia. Kesepakatan keduanya ditegaskan tidak berdampak terhadap dilusi kepemilikan GOTO di Tokopedia.

Melalui kesepakatan ini, TikTok dan GoTo bakal memperluas manfaat bagi pengguna serta pelaku UMKM Indonesia. Langkah ini juga didorong untuk menjangkau pasar yang lebih luas dengan layanan keuangan digital melalui GoTo Financial dan on-demand services dari Gojek.

Kemitraan strategis ini akan diawali dengan periode uji coba yang dilaksanakan dengan konsultasi dan pengawasan dari kementerian serta lembaga terkait. Program yang akan diluncurkan di masa uji coba ini adalah kampanye Beli Lokal dimulai pada 12 Desember 2023 bertepatan dengan Hari Belanja Online Nasional (Harbolnas).
(akr)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2017 seconds (0.1#10.140)