Kemenperin Buka Akses Pendanaan Puluhan Startup

Selasa, 12 Desember 2023 - 18:51 WIB
loading...
Kemenperin Buka Akses Pendanaan Puluhan Startup
Kemenperin gelar acara Startup for industry Investment Summit. Foto/Dok
A A A
JAKARTA - Kementerian Perindustrian ( Kemenperin ) menggelar Startup for industry Investment Summit. Kegiatan ini bertujuan untuk memberikan akses pendanaan kepada startup yang berada di dalam ekosistem Startup for industry.



Direktur Jenderal Industri Kecil, Menengah, dan Aneka, Kementerian Perindustrian Reni Yanita menjelaskan, faktor utama dari keberlangsungan startup adalah pendanaan dan salah satu tugas pemerintah adalah menarik investasi untuk pertumbuhan ekonomi Indonesia.

Oleh karena itu, acara Investment Summit menjadi salah satu media bagi venture capital untuk mengeksplorasi potensi startup yang berada dalam ekosistem Startup for Industry.

“Ini adalah salah satu strategi pemerintah untuk membangun ekosistem solusi teknologi, namun kami menyadari bahwa penyokong utama dari keberlangsungan startup adalah pendanaan dan salah satu tugas pemerintah adalah menarik investasi untuk pertumbuhan ekonomi Indonesia,” jelas Reni Yanita, Direktur Jenderal Industri Kecil, Menengah, dan Aneka, Kementerian Perindustrian, di Jakarta (12/12/2023)

Startup4industry Investment Summit diikuti 27 venture capital (VC) dari dalam dan luar negeri, serta 82 startup yang berasal dari ekosistem Startup4industry.

"Kami berharap, venture capital tidak saja hanya hadir pada acara Investment Summit, namun juga bersama dengan pemerintah membangun iklim usaha yang mendukung pertumbuhan pasar tech startup Indonesia," ujarnya.

Reni berpesan, pelaku startup dapat lebih menonjolkan economic value dan sustainability strategy bisnis yang digeluti. Diharapkan pula venture capital dapat memberikan kepercayaan dan pendanaan kepada startup.

"Kami juga berkomitmen bahwa Startup4Industry bersama Starfindo akan terus mengawal dan memberikan pendampingan kepada startup,” katanya.

Dalam acara tersebut turut dilaksanakan penandatanganan nota kesepahaman antara Ditjen IKMA dengan beberapa VC yaitu UMG Idea Lab, Gayo Capital, serta Indogen Capital dan Asosiasi Startup for Industry Indonesia (Starfindo). Starfindo sendiri merupakan asosiasi startup yang tergabung dalam program Startup4industry dan berperan sebagai pendamping teknis bagi startup yang akan melakukan fundraising.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2418 seconds (0.1#10.140)