Jumlah Wirausaha Indonesia Masih Kalah dengan Singapura, Thailand dan Malaysia

Minggu, 17 Desember 2023 - 22:27 WIB
loading...
Jumlah Wirausaha Indonesia Masih Kalah dengan Singapura, Thailand dan Malaysia
Seminar Youth Entrepreneur, Minggu (17/12/2023). FOTO/dok.SINDOnews
A A A
JAKARTA - Generasi muda didorong menjadi pengusaha seiring jumlah wirausaha di Indonesia masih tertinggal jauh dari negara Asia yang lain. Jumlah wirausaha Indonesia masih sangat terbatas atau sekira 3,18 persen jauh tertinggal dari Singapura 8,76 persen, Thailand 4,26 persen dan Malaysia 4,74 persen.

"Generasi muda harus berani merintis sebuah bisnis dari nol, di mana modal utama yang paling penting bukan uang, tapi kepercayaan," ujar CO Founder Juma Berlian Group Susi Susanti Ginting dalam seminar Youth Entrepreneur, Minggu (17/12/2023).



Menurut dia dengan adanya modal kepercayaan maka uang nantinya akan mengikuti. Di samping itu, generasi muda harus berani membangun kepercayaan dalam jaringan bisnis.

"Untuk mendapatkan kepercayaan dalam memulai usaha harus ada good attitude. Namun memang tidak bisa secara instan langsung berhasil, tetapi semuanya butuh proses," kata dia.

Sementara, Wakil Bupati Karo Theopilus Ginting mengapresiasi penyelenggaraan Seminar Youth Entrepreneur. Adapun acara tersebut bisa menambah jumlah pengusaha muda di Indonesia, khususnya di Karo, Sumatera Utara.

"Dari acara tersebut anak muda bisa mengetahui peluang untuk berwirausaha. Membantu mereka memahami apa yang harus dilakukan untuk memulai bisnis," katanya.



Dia optimistis, acara seperti ini mampu mendorong kualitas sumber daya manusia (SDM) pemuda di kabupaten Karo. Ia menyebut, dengan semakin banyaknya anak muda yang berwirausaha maka angka pengangguran akan terus berkurang.

Ketua Penyelenggara Susiko Loipebina Ginting mengungkapkan, kegiatan tersebut, terdiri dari ratusan peserta dari berbagai elemen. Antara lain Karang Taruna, GP Ansor, Pemuda Gereja, OMK Katolik, persatuan disabilitas, pelaku usaha pemula, dan perwakilan pemuda di Kabupaten Karo. "Kami ingin mendorong generasi muda agar semakin optimis dalam memulai dan mengembangkan usaha," katanya.
(nng)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1098 seconds (0.1#10.140)