Hadapi Tahun Baru 2024, Ruas tol Cikopo-Palimanan Diperlebar Jadi 3 Jalur

Senin, 18 Desember 2023 - 19:34 WIB
loading...
Hadapi Tahun Baru 2024, Ruas tol Cikopo-Palimanan Diperlebar Jadi 3 Jalur
Deretan kendaraan pemudik saat terjebak antrian pada pagi hari di KM 73, Jalan Tol Cikampek-Palimanan (CIPALI), Jawa Barat, saat ludiek Lebaran 2023. Foto/Dok
A A A
JAKARTA - Ruas tol Cikopo-Palimanan (Cipali) di KM 71 sampai KM 85 sedang dilakukan pelebaran jalan dari 2 lajur menjadi 3 lajur. Penambahan lajur tersebut diharapkan mampu memperlancar arus kendaraan terutama ketika volume kendaraan meningkat memasuki musim libur Natal dan Tahun Baru 2024 .

"Saat ini sedang dilakukan pelebaran, khususnya di KM 71 sampai dengan KM 85 di tol Cipali . Kita harapkan nanti H-10 pelebaran KM 71 sampai dengan KM 85 ini sudah tuntas," ujar Direktur Jendral Bina Marga, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Hedy dalam konferensi pers virtual, Senin (18/12/2023).



Adapun saat ini ruas tol Cipali milik PT Lintas Marga Sedaya masih berjumlah 2 lajur di tengah bertambahnya ruas-ruas tol baru yang menuju tol Trans Jawa kearah Timur. Misalnya penambahan ruas tol Japek Eleveted, hingga ruas baru tol Cisumdawu.

Sehingga Kementerian PUPR terus mendorong Astra Infra untuk menambah jumlah lajur di Cipali agar tidak menimbulkan bottleneck atau penumpukan kendaraan di tuas tol Cipali yang masih berjumlah 2 lajur.



Japek Eleveted dan non Eleveted berjumlah 4 lajur yang mulai bertemu di KM 47 yang mengarah ke ruas tol Cipali. Kemudian kehadiran tuas tol Cisumdawu sebanyak 4 lajur juga akan bertemu di KM 150 tol Cipali yang saat ini masih berjumlah 2 lajur saja.

"Ya kami sudah meminta pihak BUJT LMS (PT Lintas Marga Sedaya) Cipali untuk segera meneruskan penambahan lajurnya jadi 3 lajur supaya tidak terjadi bottle neck," ujar Direktur Jalan Bebas Hambatan, Direktorat Jenderal Bina Marga Kementerian PUPR Triono Junoasmono saat dihubungi MNC Portal.

Pada kesempatan yang berbeda, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi berpendapat, apabila ruas tol Cipali ini secara keseluruhan memiliki 3 lajur, maka rekayasa lalin yang dibutuhkan ketika menghadapi musim liburan tidak lagi one way, namun bisa dengan menggunakan contra flow.

"Tercatat kalau di prasarana itu Cipali kami usulkan kepada Menteri PUPR untuk menjadi tiga line karena kalau tiga line mungkin kita bisa contra flow, barangkali tidak perlu one way," kata Menhub.
(akr)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1196 seconds (0.1#10.140)