Covid Naik Lagi Jelang Nataru, Menhub Imbau Masyarakat Pakai Masker

Kamis, 21 Desember 2023 - 13:30 WIB
loading...
Covid Naik Lagi Jelang Nataru, Menhub Imbau Masyarakat Pakai Masker
Kemenhub mengingatkan masyarakat menggunakan masker saat beraktifitas libur Nataru. FOTO/dok.SINDOnews
A A A
JAKARTA - Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi mengingatkan agar masyarakat menggunakan masker saat melakukan perjalanan pada momen libur Natal dan Tahun Baru 2023.

Hal ini dilakukan lantaran kondisi Covid 19 kini sudah mengalami peningkatan yang tinggi. Meskipun demikian kata Menhub kenaikan Covid ini belum terlalu mengkhawatirkan.

"Sesuai dengan koordinasi Kemenkes, kenaikan ini blm pada titik yang mengkhawatirkan tetapi ada baiknya apa kita bermasker dan juga mencuci tangan pada saat kita melakukan perjalanan," kata Menhub usai memberikan sambutan pada Apel Gelar Pasukan Angkutan Natal dan Tahun Baru di Stasiun Gambir, Kamis (21/12/2023).



Ia juga meminta kepada operator dan pengelola moda transportasi untuk dapat menambah jumlah fasilitas kebersihan guna mengurangi adanya penyebaran Covid 19.

"Saya akan minta kepada teman-teman dari semua sektor (transportasi) untuk melakukan (penambahan fasilitas) tapi yang penting adalah masyarakat ke tempat cuci tangan itu ada di toilet kan, bisa masuk ke toilet, pakai masker, sudah cukup," katanya.

Sementara itu, Direktur Utama PT Kereta Api Indonesia (Persero) Didiek Hartantyo juga menghimbau kepada pelanggan KAI untuk dapat melindungi diri sendiri menggunakan masker saat melakukan perjalanan.

"Kami memberikan imbauan ke masyarakat untuk bertransportasi dengan sehat, artinya cuci tangan terus diimbau juga pakai masker untuk memprotek diri sendiri. Sehingga bisa saling menjaga dan mengontrol penularan Covid-19 ini," katanya.



Selain itu, sebagai langkah pencegahan, KAI memastikan seluruh petugas telah dilakukan vaksinasi. Di samping itu, sebelum kereta api beroperasi setiap harinya pihaknya selalu mencuci baik eksterior maupun interior dengan bahan-bahan yang dapat membunuh kuman. "Setelah kereta api selesai beroperasi pun, kami lakukan fumigasi di tempat perawatan," katanya.
(nng)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1988 seconds (0.1#10.140)