Universitas Pertamina Didorong Jadi Kampus Berbasis Entrepreneur

Kamis, 21 Desember 2023 - 15:57 WIB
loading...
Universitas Pertamina Didorong Jadi Kampus Berbasis Entrepreneur
Pertamina mendorong kawasan Simprug menjadi kawasan untuk membangun SDM unggul. FOTO/dok.SINDOnews
A A A
JAKARTA - Pertamina mendorong optimalisasi kawasan Simprug untuk mendukung pengembangan Universitas Pertamina (UPER) menjadi kawasan untuk menciptakan SDM unggul sebagai upaya mendorong pembangunan berkelanjutan.

Hal itu ditandai dengan peletakan batu pertama pembangunan gerbang Universitas Pertamina menjadi simbol dalam pengembangan sarana prasarana. Groundbreaking dilakukan pada Selasa (19/12/2023).

"Gerbang yang akan membuka pengembangan Universitas Pertamina menjadi Pertamina Educational Hub. Tempat pengembangan kapasitas dan riset Pertamina yang mampu bersinergi dengan Pertamina Corporate University dan Research Technology and Innovation Pertamina," ujar Senior Vice President Shared Service Center (SSC) Tedi Kurniadi.



Presiden Direktur Pertamina Foundation Agus Mashud S. Asngari menyampaikan proses pembangunan kawasan akan dimulai dengan pembangunan gerbang utama sebagai penyulut semangat dalam mewujudkan visi UPER menjadi universitas global.

"UPER yang masih belia telah meraih berbagai pencapaian untuk mewujudkan visi world class university. Pertamina Foundation sebagai badan penyelenggara akan terus mendorong pertumbuhan universitas dengan mengoptimalkan dukungan ekosistem Pertamina," kata dia.

Dia mengatakan pembangunan akan dimulai dari gerbang utama, dan dilanjutkan dengan pengembangan sarana dan prasarana yang mendukung kegiatan pembelajaran dalam mencetak lulusan berorientasi pada sustainability dan entrepreneurship.

Peremajaan kawasan Pertamina Simprug akan mulai dilakukan pada Januari 2024, juga akan mengoptimalisasi eks Rumah Sakit Modular Pertamina dengan luas 10.000 m2 untuk kegiatan belajar dan laboratorium.



Sementara, Rektor Universitas Pertamina Prof. Dr. Wawan Gunawan A. Kadir, menyampaikan bahwa proses peremajaan kampus akan membawa Universitas Pertamina lebih dekat ke arah entrepreneurial university and campus community.

"Entrepreneurial university and campus community adalah perguruan tinggi yang berfokus pada riset dan pengajaran yang ekselen dan optimalisasi fasilitas kampus. Hal ini dimungkinkan karena Universitas Pertamina memiliki kedekatan dengan industri energi, dalam hal ini Pertamina," kata dia.
(nng)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1169 seconds (0.1#10.140)