6 Fakta Unik Vatikan, Negara yang Jadi Sorotan di Tiap Perayaan Natal

Senin, 25 Desember 2023 - 09:09 WIB
loading...
6 Fakta Unik Vatikan, Negara yang Jadi Sorotan di Tiap Perayaan Natal
Vatikan dikenal sebagai pusat agama Katolik sedunia. Foto/iStock
A A A
VATIKAN - Gereja Katolik Roma merayakan Natal menurut kalender Gregorian pada malam tanggal 24-25 Desember 2023. Sejumlah media dunia menyiarkan misa itu langsung dari Kota Vatikan, tempat Paus Fransiskus memimpin Misa Malam Natal dari Basilika Santo Petrus.

Oleh karena itu, Vatikan juga dikenal sebagai pusat agama Katolik sedunia. Saat perayaan Natal, negara kecil ini selalu menjadi pusat perhatian dunia.

Lantas, apa saja fakta menarik dari Vatikan selain menjadi sorotan saat Natal? Simak ulasan berikut, dirangkum dari berbagai sumber, Senin (25/12/2023).


1. Negara di Dalam Negara

Ini menjadi keunikan tersendiri karena lokasi Vatikan berada di dalam negara Italia, lebih tepatnya di Kota Roma. Dulu Vatikan bernama Negara Kepausan, di mana wilayah kekuasaannya meliputi setengah Semenanjung Italia.

Setelah terjadi revolusi yang menyatukan kerajaan-kerajaan kecil di sekitarnya, Negara Kepausan mengalami perpecahan hingga menyisakan kompleks kecil Kepausan yang berdiri di atas bukit Vatikan.

Konflik ini berakhir setelah dibuat Traktat Lateran pada 1929 yang menghasilkan kesepakatan antara Wakil Kepala Pemerintah Takhta Suci Kardinal Pietro Gaspari dan Perdana Menteri Kerajaan Italia Benito Mussolini.

2. Negara Terkecil di Dunia

Vatikan adalah negara paling kecil sedunia. Panjang kota ini sekitar 1.045 meter dengan lebar 850 meter. Dikelilingi oleh tembok sepanjang 3 kilometer, Vatikan adalah negara kota yang luasnya hanya sekitar 100 hektare atau seperdelapan dari luas Central Park di New York.

Menurut World Population Review di tahun 2021, jumlah penduduk Vatikan hanya ada 800 jiwa saja. Meski begitu, Vatikan terlihat ramai karena banyak dikunjungi wisatawan terutama untuk berwisata religi.

3. Basilika St.Petrus

Kurang lengkap rasanya jika tak membahas keunikan bangunan ikonik ini. Gereja ini memiliki luas 23 ribu hektar dan mampu menampung 60 ribu jamaah. Gereja besar ini didirikan tepat di bawah makam sang pemimpin gereja Katolik pertama atau biasa disebut paus.

Tidak hanya itu, basilika ini juga menjadi tempat persemayaman terakhir para paus, pejabat gereja, hingga raja dan bangsawan di masa lalu. Di sini, Anda akan melihat cukup banyak makam yang didesain menonjol dan cantik.

4. Lintasan Kereta Terpendek di Dunia

Meskipun negara kecil, Vatikan juga punya jalur kereta. Namun, jalurnya tentu sangat pendek. Panjangnya hanya 300 meter dan punya satu stasiun. Keretanya bukan untuk reguler, namun berfungsi untuk membawa barang.


5. Perpustakaan dengan Koleksi Buku Terbanyak

Bagi Anda pecinta buku, Vatikan adalah surganya! Perpustakaan di sini memiliki lebih dari 1,1 juta koleksi buku. Sekitar 6.000 buku baru juga ditambahkan setiap tahun.

Perpustakaan di sini memiliki koleksi terbesar untuk buku-buku berbahasa Latin, Yunani, dan Ibrani. Perpustakaan ini juga memiliki koleksi klasik, agama dan filsafat, serta koleksi lengkap buku-buku tertua yang berasal dari abad pertama.

6. Situs Warisan Dunia UNESCO

Seperti diketahui, Italia adalah negara yang paling banyak memiliki situs warisan dunia versi UNESCO, tapi Vatikan adalah satu-satunya negara lengkap yang menjadi situs UNESCO sejak 1984.
(tsa)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2481 seconds (0.1#10.140)