Material Unik untuk Percantik Pagar Rumah

Rabu, 24 Juni 2020 - 11:49 WIB
loading...
Material Unik untuk Percantik Pagar Rumah
Kebutuhan pagar tidak sebatas pada keamanan. Dalam menghadirkannya perlu ada unsur estetika sebuah rumah. Foto/Istimewa
A A A
KEBUTUHAN pagar tidak sebatas pada keamanan. Dalam menghadirkannya perlu ada unsur estetika sebuah rumah. Kedua fungsi ini bisa sejalan asalkan didesain dengan karakter dan kebutuhan pemilik rumah.

Dalam merancang bentuk pagar, unsur material menjadi faktor utama yang menentukan nilai estetikanya. Ada beberapa material pokok yang saat ini banyak dipakai untuk membuat pagar seperti besi, bata, batu alam, dan kayu.

Material seperti stainles steel sudah mulai ditinggalkan karena bahannya tidak bisa diolah menjadi bentuk yang beragam. Di samping itu, bahan ini juga relatif lebih mahal dibandingkan material lain seperti besi dan kayu.

"Yang saat ini sedang tren dan banyak diaplikasikan adalah memadukan dua atau tiga material, seperti material kayu yang digabungkan dengan besi. Material kayu dijadikan sebagai aksen terdepan agar terlihat lebih natural, sedangkan besi hanya sebagai penopang material kayu agar terlihat kokoh," kata arsitek Yoshi Fajar Kresno.

Kreativitas dengan menggabungkan kedua bahan material ini bisa menekan anggaran pembuatan pagar. Bata, batako, roster, beton aerasi, dan konblok merupakan beberapa contoh material cetakan yang bisa diolah menjadi pagar.

Kebanyakan bata selalu dijadikan material dasar pembuatan pagar yang berbentuk dinding. Kebanyakan orang melapisi dinding pagar bata dengan cat atau semen. Namun, kini banyak yang justru mengekspos bata tersebut.

"Bila ingin diekspos, bata harus dilapisi dengan cat batu alam yang akan melindunginya dari lumut. Untuk menghemat anggaran, bila dinding pagar tak ingin diekspos, bisa mengganti bata dengan batako," sebut Yoshi.

Selain harga untuk membuat 1 meter persegi luasan dinding batako lebih murah daripada menggunakan bata, waktu pengerjaan dinding pagar jauh lebih cepat dan lebih bisa menekan anggaran.

Selain menggunakan bata dan batako, roster atau bata kerang juga bisa menjadi alternatif material pagar. Keunggulan material ini adalah dinding pagar yang terbangun dari roster tidak seluruhnya tertutup karena permukaan roster berlubang. (Baca: India Bentrok dengan China, Rusia Percepat Pengiriman S-400 ke New Delhi)

"Kunci utama pemakaian roster untuk pagar adalah bagaimana memilih corak roster dan menyusunnya hingga tampak menarik. Jika roster hanya disusun seperti menyusun bata mungkin tampilannya akan biasa saja," tegasnya.
Halaman :
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.2191 seconds (10.177#12.26)