Daftar 10 Negara SGIE Teratas, Indonesia Masuk Lima Besar

Senin, 25 Desember 2023 - 16:39 WIB
loading...
Daftar 10 Negara SGIE Teratas, Indonesia Masuk Lima Besar
Terdapat 10 Negara SGIE (State of the Global Islamic Economy) yang menempati urutan teratas. Terkait SGIE sendiri sempat diungkit ketika debat Calon Wakil Presiden atau Cawapres 2024. Foto/Dok
A A A
JAKARTA - Terdapat 10 Negara SGIE ( State of the Global Islamic Economy ) yang menempati urutan teratas. Terkait SGIE sendiri sempat diungkit ketika debat Calon Wakil Presiden atau Cawapres 2024 pada 22 Desember 2023 kemarin.



Saat itu Calon Wakil Presiden nomor urut 2 Gibran Rakabuming Raka memberikan pertanyaan terkait State of the Global Islamic Economy (SGIE) kepada Calon Wakil Presiden Nomor Urut 1 Muhaimin Iskandar atau Cak Imin.

Namun tentulah banyak orang yang belum mengetahui tentang arti dari SGIE tersebut, mengingat istilah ekonomi ini memang jarang digunakan. SGIE sendiri merupakan laporan tahunan mengenai ekonomi halal dunia yang disusun dan dipublikasikan oleh Dinar Standard.



Menurut laman Dinar Standard, sejak diluncurkan pada tahun 2013, seri laporan tahunan ini telah mendefinisikan “ekonomi Islam” sebagai “sektor-sektor yang terdiri dari produk/layanan inti yang secara struktural dipengaruhi oleh etika dan hukum Islam.”

Dengan tema “Unlocking Opportunity”, Laporan Keadaan Ekonomi Islam Global edisi kesembilan di tahun 2022 lalu berfokus pada pemulihan pasca COVID-19 karena laporan tersebut terus mencakup sektor keuangan Islam, makanan dan minuman halal, kosmetik halal , dan obat-obatan halal.

Laporan yang dibuat oleh Dinar Standard dan didukung oleh Departemen Ekonomi dan Pariwisata (DET) di Dubai membahas perkembangan serta tantangan dan peluang bagi sektor-sektor tersebut.

Dalam laporan tersebut, umat Islam dunia diestimasi menghabiskan USD2 triliun pada 2021, dengan pertumbuhan 8,9% dari tahun sebelumnya. Aset keuangan Islam mencapai USD3,6 triliun. Proyeksi menunjukkan pengeluaran umat Islam mencapai USD2,8 triliun pada 2025.

Dari negara SGIE yang masuk daftar, Indonesia menempati urutan ke-empat sama seperti tahun lalu. Namun CEO DinarStandard, Rafi-uddin Shikoh menyampaikan, meski tetap berada di peringkat yang sama seperti tahun lalu, Indonesia mengalami kenaikan signifikan di sektor makanan halal, menurut laman resmi Kemenperin.

Daftar 10 Negara SGIE Teratas

1. Malaysia
2. Arab Saudi
3. Uni Emirat Arab
4. Indonesia
5. Turki
6. Bahrain
7. Singapura
8. Kuwait
9. Iran
10. Yordania

Dalam laporan Indikator Ekonomi Islam Global yang mencakup 81 negara, Malaysia, Arab Saudi, UEA, Indonesia, dan Turki memimpin peringkat tersebut.Dalam daftar tersebut, Singapura dan Turki mengalami peningkatan pesat karena pada tahun lalu Singapura ada di posisi delapan, sedangkan Turki di urutan ke tujuh.

Itulah daftar sepuluh Negara SGIE teratas, lengkap dengan penjelasan tentang SGIE. Dari informasi ini tentunya dapat dilihat bagaimana perkembangan ekonomi Islam dari beberapa negara.
(akr)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1587 seconds (0.1#10.140)