Penyaluran BLT Elnino Lancar, Presiden Jokowi Apresiasi PT Pos Indonesia

Jum'at, 29 Desember 2023 - 11:56 WIB
loading...
Penyaluran BLT Elnino Lancar, Presiden Jokowi Apresiasi PT Pos Indonesia
Presiden Jokowi hadir saat penyaluran bantuan langsung tunai (BLT) Elnino di Kantorpos KCU Manado, Sulawesi Utara, Kamis (28/12/2023). Foto/Dok. SINDOnews
A A A
MANADO - PT Pos Indonesia terus menyalurkan bantuan langsung tunai (BLT) Elnino. Kali ini BLT disalurkan di Kantorpos KCU Manado, Sulawesi Utara, Kamis (28/12/2023). Presiden Joko Widodo ( Jokowi ) kembali hadir saat penyaluran tersebut.

Sebanyak 300 KPM terlihat berkumpul di Kantorpos KCU Manado untuk menerima bansos BLT EL Nino. Bansos ini merupakan salah satu upaya pemerintah dalam membantu daya beli masyarakat di tengah kenaikan harga yang diakibatkan oleh kekeringan dampak El Nino.

Presiden Jokowi menyampaikan tujuannya berkunjung ke Kantorpos Manado ialah untuk mengecek penyaluran BLT El Nino. Presiden menilai penyaluran bantuan tersebut telah berjalan baik. “Saya mengecek pembagian BLT El Nino, dan saya lihat semuanya lancar. Sudah menerima semuanya,” katanya.

Presiden menyampaikan dirinya memastikan penyaluran BLT El Nino melalui Kantorpos maupun bank berjalan lancar. “Sudah saya cek yang lewat bank lancar, yang lewat Kantorpos lancar. Tidak ada masalah,” tuturnya.

Pada kegiatan tersebut, Presiden juga memastikan bahwa bantuan pangan cadangan beras pemerintah (CBP) sejumlah 10 kg setiap bulannya telah tersalurkan dengan baik kepada para penerima manfaat. “Dimulai September, Oktober, November, Desember, sudah diterima semuanya. Saya kira sudah berjalan baik,” ujarnya.

Hadir mendampingi Presiden yaitu Mensos Tri Rismaharini, Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan, Menteri Komunikasi dan Informatika Budi Ari Setiadi, Panglima TNI Jenderal Agus Subiyanto, Gubernur Sulawesi Utara Olly Dondokambey, Wakil Gubernur Sulawesi Utara Steven Kandouw, dan Wali Kota Manado Andrei Angouw.

Mensos Tri Rismaharini mengungkapkan untuk program BLT El Nino yang akan dibagikan kepada 18,8 juta KPM di seluruh Indonesia. Setiap KPM akan menerima Rp200 ribu per bulan. Untuk Periode ini KPM akan menerima sebanyak Rp400 ribu periode November Desember 2023

Untuk mempercepat proses penyaluran, pemerintah memilih PT Pos Indonesia (Persero) sebagai kanal distribusi utama. Kecepatan penyaluran menjadi fokus utama, dengan harapan program BLT El Nino rampung sebelum akhir tahun 2023. "Kami berani dua bulan karena dengan PT Pos itu lebih cepat, supaya tuntas sebelum akhir tahun ini," katanya.

Risma menyebutkan sistem pendataan yang dilakukan Pos Indonesia dengan memotret wajah penerima beserta KTP dan uang bantuan, layak diacungi jempol. Sebab, foto tersebut dapat menjadi bukti bahwa bantuan telah diterima KPM.

Corsec PT Pos Indonesia (Persero) Tata Sugiarta yang juga hadir di lokasi penyaluran BLT El Nino menjelaskan lebih lanjut mengenai kepercayaan yang diberikan pemerintah kepada Pos Indonesia dalam menyalurkan beragam bantuan. “Kenapa PT Pos? Karena kami memiliki multibisnis yang bisa mendukung penyaluran bantuan social,” tuturnya.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2726 seconds (0.1#10.140)