Bulog-Pelindo Kerja Sama Jasa Bongkar Muat Impor Pangan

Sabtu, 30 Desember 2023 - 12:34 WIB
loading...
Bulog-Pelindo Kerja Sama Jasa Bongkar Muat Impor Pangan
Perum Bulog dan PT Pelindo (Persero) menandatangani nota kesepahaman (MoU) terkait jasa bongkar muat impor komoditas pangan. Foto/Ist
A A A
JAKARTA - Perum Bulog dan PT Pelindo (Persero) menandatangani nota kesepahaman (MoU) terkait jasa bongkar muat impor komoditas pangan. Kerja sama tersebut diharapkan memperlancar kegiatan penerimaan beras impor, mulai dari proses persiapan kedatangan kapal, hingga kegiatan pergerakan antarpelabuhan.

"Penandatanganan nota kesepahaman ini kami harap dapat mempermudah kelancaran distribusi, pemerataan stok, dan ketersediaan pasokan untuk pengelolaan Cadangan Pangan Pemerintah (CPP), serta stabilisasi dan keterjangkauan harga pangan dalam rangka pengendalian inflasi pangan secara nasional," ujar Direktur Utama Bulog Bayu Krisnamurthi Sabtu (30/12/2023).



Direktur Utama Pelindo Arif Suhartono menyampaikan, pascamerger 1 Oktober 2021 lalu pihaknya telah melakukan transformasi dan standardisasi pelabuhan. Menurut dia, hasilnya telah terlihat dengan adanya percepatan dan peningkatan kualitas layanan di pelabuhan. Perbaikan ini mampu menekan waktu sandar kapal (port stay) dan waktu tinggal barang (cargo stay), yang pada akhirnya menurunkan biaya logistik.



"Kami berharap momen penting hari ini menjadi awal kolaborasi kedepan antara Pelindo dan Bulog yang dapat berkontribusi nyata dalam mendukung ketahanan pangan nasional, sehingga membawa manfaat bagi masyarakat luas," ujar Arif.

Adapun ruang lingkup kesepahaman ini mencakup pelaksanaan kegiatan jasa pelabuhan di wilayah kerja Pelindo. Kegiatan-kegiatan ini termasuk penggunaan fasilitas pelabuhan dalam rangka mendukung prioritas dan kemudahan sandar, serta bongkar muatan kapal impor yang dilaksanakan oleh PJPT yang ditunjuk oleh Bulog.
(fjo)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2037 seconds (0.1#10.140)