Majukan Pertanian, Ini Jurus Jitu Ganjar Pacu Penggunaan Pupuk Organik

Minggu, 31 Desember 2023 - 21:14 WIB
loading...
Majukan Pertanian, Ini Jurus Jitu Ganjar Pacu Penggunaan Pupuk Organik
Calon Presiden nomor urut 3, Ganjar Pranowo bersama dengan Calon Wakil Presiden Mahfud MD mempunyai komitmen memajukan sektor pertanian Indonesia. Salah satunya akan menggunakan pupuk organik. Foto/Dok
A A A
PURWOREJO - Calon Presiden nomor urut 3, Ganjar Pranowo -- yang juga diusung oleh Partai Perindo -- mengatakan dirinya bersama dengan Calon Wakil Presiden Mahfud MD mempunyai komitmen memajukan sektor pertanian Indonesia. Salah satunya akan menggunakan pupuk organik , agar menjadi salah satu alternatif bagi petani.



Hal itu disampaikan Ganjar saat berdialog dengan petani di Kelurahan Cangkelpor, Purworejo, Jawa Tengah, Minggu (31/12/2023). Penegasan ini lantaran Ganjar mendapatkan pertanyaan dari salah seorang petani bernama Khoir yang mengeluhkan masih sulitnya petani untuk menggunakan pupuk organik.

“Sebenarnya pertanian organik ini kami dikeluhkan tidak maju-maju, mereka beranggapan pemerintah peduli. Sebenarnya ada potensi luar biasa dari masyarakat,” kata Ganjar.

Adapun pupuk organik adalah pupuk yang tersusun dari materi makhluk hidup, seperti pelapukan sisa -sisa tanaman, hewan, dan manusia. Baca Juga: Mak Ganjar Ajari Kelompok Tani Mekar Arum Cara Bikin Pupuk Organik

Ganjar menuturkan, dari pupuk organik sudah banyak menghasilkan produk beras ternama dan digunakan oleh masyarakat. Karenanya, pupuk organik menjadi salah satu alternatif petani di tengah kelangkaan pupuk subsidi.

“Maka ketika pupuk kimia subsidinya berkurang, maka perhatian kita betul mesti kita berikan kepada petani organik. Dari pengalaman kami memang tidak mudah, tapi mendorong mereka bertani organik dengan insentif bagus,” jelas Ganjar.

Selain itu, Ganjar mengakui memang tidak mudah mengajak petani untuk menggunakan pupuk organik. Ia pun mempunyai jurus jitu agar mereka bisa beralih ke pupuk organik, salah satunya pemberian insentif dari pemerintah.

“Pengalaman kami memang tidak mudah, tapi untuk bertani organik dengan insentif menurut saya bagus,” ucap Ganjar.

“Umpama, mereka bertani organik tapi mekanisasi dan modernisasinya dibantu oleh pemerintah dan dia akan mau menjadi bertani,” imbuh Ganjar.
(akr)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1871 seconds (0.1#10.140)