Ganjar Ajak Petani Milenial Gunakan Pupuk Organik Perkuat Ketahanan Pangan

Jum'at, 21 Juli 2023 - 12:30 WIB
loading...
Ganjar Ajak Petani Milenial Gunakan Pupuk Organik Perkuat Ketahanan Pangan
Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo dalam rangkaian acara Soropadan Agro Center, di Kecamatan Pringsurat, Kabupaten Temanggung, Kamis (20/7/2023). FOTO/dok.SINDOnews
A A A
TEMANGGUNG - Gubernur Jawa Tengah (Jateng) Ganjar Pranowo menggagas pengolahan dan produksi pertanian dikolaborasikan dengan teknologi. Dia optimistis akan banyak lahir petani milenial jika dibarengi dengan pendampingan.

"Kalau kita mengintroduksi teknologi kepada sistem pertanian kita, maka anak-anak muda ini akan tertarik dan memang sudah saatnya percepatan teknologi pertanian ditingkatkan tidak hanya alsintan, tapi sampai dengan seluruh prosesnya," ujar Ganjar saat membuka dan meresmikan Soropadan Agro Festival II yang digelar di Soropadan Agro Center, Kecamatan Pringsurat, Kabupaten Temanggung, Kamis (20/7/2023).



Ganjar telah mengupayakan pelatihan, pendampingan dan pemberdayaan petani di Jateng melalui Peraturan Gubernur (Pergub) Nomor 55 Tahun 2019 Tentang Perencanaan Perlindungan dan Pemberdayaan Petani.

Melalui Dinas Pertanian dan Perkebunan (Distanbun), Ganjar telah melaksanakan pelatihan Manajemen Agribisnis Petani Milenial yang diikuti petani muda dan kelompok tani. Hingga kini, program tersebut telah melahirkan 4 angkatan petani milenial di Jawa Tengah.

Hingga kini, jumlah petani milenial di Jateng pada 2019 lalu sebanyak 975.600 orang atau 33,7% dari 2,88 juta petani di Jawa Tengah. Kemudian, sebanyak 57.600 orang di antaranya merupakan lulusan sarjana.

"Masih banyak semangat anak muda, hanya kita mesti merubah mindset ini bahwa pertanian selama ini praktiknya ya karena terpepet. Maka sekarang tidak boleh ada ilmu terpepet, mesti disiapkan betul dan rumusnya dari penyuluh tadi sudah bagus," kata Ganjar.

Indonesia, khususnya Jateng yang kini ditengah fenomena El Nino juga menjadi perhatian Ganjar. Untuk persoalan pupuk, Ganjar menyebutkan harus ada komitmen bersama antara seluruh stake holder agar daerah tidak mengalami kekurangan pupuk.



Ganjar pun menggalakkan pupuk organik untuk lebih banyak diolah dan diproses para petani milenial, maupun kelompok tani (poktan) agar kemandirian petani dan kedaulatan pangan dapat terus terjaga.

"Di sisi lain, gerakan pupuk organik mesti ditingkatkan setidaknya separuh. Tapi menuju organik saya kira sekarang sudah mulai makin canggih. Kalau dulu berorganik ria itu menggunakan kuantitas yang besar, sekarang dengan fermentasi bisa masuk dalam bentuk cair. Itu mesti digenjot," ucap Ganjar.

Sebagai informasi, Soropadan Agro Festival digelar pada 20-24 Juli 2023 dengan tema Regenerasi Petani Jateng Menuju Kedaulatan Pangan Nasional. Sebanyak 239 stan agro pertanian ditampilkan yang mengangkat hasil-hasil pertanian di Jawa Tengah.
(nng)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3178 seconds (0.1#10.140)