Profil Rizal Ramli, Mantan Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman

Selasa, 02 Januari 2024 - 21:26 WIB
loading...
Profil Rizal Ramli, Mantan Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman
Mantan Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Rizal Ramli tutup usia di Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo (RSCM), Jakarta pada Selasa (2/1/2024) malam. FOTO/dok.SINDOnews
A A A
JAKARTA - Mantan Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Rizal Ramli tutup usia di Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo (RSCM), Jakarta pada Selasa (2/1/2024) malam. Kabar duka itu dibenarkan staf Rizal Ramli, yakni Tri Wibowo Santoso.

"Innalillahi wa inna ilaihi rojiun. Telah berpulang, bapak/kakek/mertua kami, Rizal Ramli pada tanggal 2 Januari 2024 pukul 19.30 WIB di Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo," tulis keterangan tersebut dikutip, Selasa (2/1/2024).

Baca Juga: Pakar Ekonomi Rizal Ramli Meninggal Dunia

"Kami segenap keluarga memohon maaf jika ada kesalahan beliau selama hidupnya," jelasnya. Rizal Ramli lahir di Padang, Sumatera Barat, pada tanggal 10 Desember 1954. Ia adalah seorang mantan tokoh pergerakan mahasiswa, ahli ekonomi dan politisi Indonesia.

Profil

Rizal Ramli lahir di Padang, Sumatera Barat, pada tanggal 10 Desember 1954. Di tingkat internasional, Rizal pernah dipercaya sebagai anggota tim panel penasehat ekonomi Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) bersama beberapa tokoh ekonom dari berbagai negara lainnya.

Karena ingin fokus mengabdi pada negara dan bangsa Indonesia, Rizal pernah menolak jabatan internasional sebagai Sekretaris Jenderal (Sekjen) Economic & Social Commission of Asia and Pacific (ESCAP) yang ditawarkan PBB pada November 2013.

Baca Juga: 5 Fakta Meninggalnya Artis Korea Lee Sun Kyun yang Diduga Bunuh Diri

Rizal pernah mengemban sejumlah jabatan seperti Kepala Badan Urusan Logistik (Bulog); Menteri Koordinator Bidang Perekonomian; Menteri Keuangan Indonesia pada Kabinet Persatuan Nasional pada masa pemerintahan. Rizal merupakan lulusan Institut Teknologi Bandung Jurusan Teknik Fisika dan meraih gelar Doktor Ekonomi di Boston University.
(nng)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1041 seconds (0.1#10.140)