Ekspor Korea Selatan ke Amerika Serikat Terus Berkurang

Sabtu, 17 Maret 2018 - 14:01 WIB
Ekspor Korea Selatan ke Amerika Serikat Terus Berkurang
Ekspor Korea Selatan ke Amerika Serikat Terus Berkurang
A A A
SEOUL - Ekspor Korea Selatan ke Amerika Serikat (AS) terus tergerus akibat tindakan proteksionis oleh ekonomi terbesar di dunia tersebut. Gubernur Bank Korea Selatan Lee Ju Yeol mengatakan bahwa kebijakan AS tersebut menurunkan ekspor dari negaranya ke Negeri Paman Sam tersebut sebesar 0,3%.

"Tindakan proteksionisme perdagangan AS akan mengurangi seluruh ekspor Korea Selatan ke negara itu sebesar 0,3%," ujar Lee Ju Yeol seperti dikutip Yonhap News, Sabtu (17/3/2108).

Dia juga menyebutkan bahwa ekspor Korea Selatan ke Amerika akan semakin berkurang jika pemerintah Negeri Adi Daya itu merealisasikan penetapan tarif impor baja dan aluminium. Tarif impor dua komoditas itu diyakini bakal semakin membebani Korea Selatan.

"Tapi dampaknya mungkin lebih besar jika Washington mengonfirmasikan rencananya untuk mengenakan tarif impor baja dan aluminium serta mengintensifkan tekanan perdagangan terhadap Korea Selatan," tambahnya.

Seperti diketahui, awal bulan ini, Presiden AS Donald Trump menandatangani perintah eksekutif untuk mengenakan tarif 25% untuk impor baja, kecuali yang berasal dari Kanada dan Meksiko. Langkah proteksi ini rencananya akan mulai berlaku Jumat (23/3) depan.

Terkait dengan itu, pemerintah Korea Selatan telah meminta administrasi Trump untuk membebaskan negaranya dari tarif impor yang tinggi tersebut dengan alasan hubungan ekonomi dan keamanan yang dekat antara kedua negara. Kendati demikian, Korea Selatan sejauh ini tidak termasuk dalam daftar awal negara yang terbebas dari pengenaan tarif tersebut.
(fjo)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6851 seconds (0.1#10.140)