Daftar Negara yang Memakai Dolar AS sebagai Mata Uang Resmi

Rabu, 03 Januari 2024 - 18:01 WIB
loading...
Daftar Negara yang Memakai Dolar AS sebagai Mata Uang Resmi
Dolar AS ternyata tak semata-mata hanya digunakan oleh Amerika Serikat (AS) sebagai mata uang resmi. Foto/Ilustrasi
A A A
JAKARTA - Dolar AS adalah mata uang resmi Amerika Serikat (AS). Kendati begitu, ternyata Negeri Paman Sam bukanlah satu-satunya negara pengguna dolar AS di dunia.

Pada statusnya, dolar AS menjadi salah satu mata uang terkuat di dunia. Tak hanya itu, dolar AS juga umum diperdagangkan di pasar valuta asing.



Mengutip laman Investopedia, Rabu (3/1/2024), dolar AS dikatakan menjadi mata uang cadangan dunia. Artinya, mata uang tersebut banyak dipegang dalam jumlah besar oleh bank sentral di penjuru dunia.

Negara yang Memakai Dolar AS untuk Mata Uang Resmi (H2)

Sedikit dijelaskan di atas, Amerika Serikat bukanlah satu-satunya pengguna dolar AS. Mata uang ini menjadi alat pembayaran resmi di sejumlah negara berdaulat lain di dunia.

Pada pertengahan 2023, setidaknya ada puluhan negara di dunia yang mematok mata uang resminya terhadap dolar AS. Selain itu, ada juga beberapa negara yang menjadikannya sebagai mata uang resmi.

Salah satu yang bisa disebutkan adalah Timor Leste. Negara di kawasan Asia Tenggara itu memilih dolar AS sebagai mata uang resmi sejak tahun 2000.



Waktu itu, ketentuan penggunaan dolar AS terjadi setelah keluarnya Regulation 2000/7 pada 24 Januari 2000. Kendati begitu, warga Timor Leste masih diperbolehkan untuk memakai mata uang lain yang banyak beredar. Kemudian, ada juga Ekuador. Mereka mengganti mata uang resminya dengan dolar AS sekitar tahun 2000.

Berikut daftar negara yang memakai dolar AS sebagai mata uang resmi:


1. Amerika Serikat
2. Ekuador
3. El Salvador
4. Zimbabwe
5. Timor Leste
6. Mikronesia
7. Palau
8. Kepulauan Marshall
9. Panama
10. Bonaire

Demikian ulasan mengenai deretan negara yang memakai dolar AS sebagai mata uang resmi negaranya.
(fjo)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1799 seconds (0.1#10.140)