Genjot Ekonomi Berdikari, Ganjar-Mahfud Akan Perkuat Daya Saing Produk Lokal

Sabtu, 06 Januari 2024 - 12:54 WIB
loading...
A A A
Dalam kunjungan ke Sukoharjo, Jawa Tengah, beberapa waktu lalu, Ganjar juga tak segan mempromosikan jamu. "Kalau kamu pengin tahu hebatnya dunia perjamuan kita, datang ke Sukoharjo. Cuma di sini yang punya Pasar Jamu. Mau nongkrong juga bisa kok. Gasken ya," kata Ganjar.

Ganjar menyebut Indonesia memiliki potensi yang besar untuk bisa menjadi pusat herbal di dunia. Komitmen Ganjar untuk mendukung produk lokal sudah dilakukan sejak menjadi Gubernur Jawa Tengah.

Pada 2022, Ganjar telah menganggarkan Rp3,8 triliun bagi belanja UMKM di e-catalog Pemerintah Provinsi Jawa Tengah. Ganjar juga membentuk Satgas TKDN (Tingkat Komponen Dalam Negeri) demi mendorong peningkatan kualitas produk lokal.

Di era kepemimpinan Ganjar, UMKM di Jawa Tengah melesat. Pada 2022 industri mikro dan kecil (IMK) paling banyak berada di Jawa Tengah, porsinya mencapai 20,6% dari total jumlah IMK nasional.

Menurut data Badan Pusat Statistik (BPS), pada 2022 terdapat 4,3 juta unit usaha industri mikro dan kecil (IMK) di Indonesia, dengan total jumlah tenaga kerja sekitar 9,4 juta orang. IMK yang dimaksud dalam data ini adalah industri pengolahan/manufaktur yang memiliki pekerja kurang dari 20 orang per unit usaha.
(akr)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1372 seconds (0.1#10.140)