Bangun Indonesia Lebih Baik, Ganjar-Mahfud Pastikan Kesetaraan Bagi Penyandang Disabilitas

Selasa, 09 Januari 2024 - 08:21 WIB
loading...
Bangun Indonesia Lebih Baik, Ganjar-Mahfud Pastikan Kesetaraan Bagi Penyandang Disabilitas
Pasangan Ganjar-Mahfud dalam visinya menitikberatkan perhatian dan menyediakan program Disabilitas Maju dan Produktif. Memastikan kesetaraan akses pekerjaan dan upah, pendidikan, pelayanan publik, serta seluruh infrastruktur. Foto/Dok
A A A
JAKARTA - Relawan Calon Presiden (Capres) dan Calon Wakil Presiden (Cawapres), Ganjar Pranowo-Mahfud MD yang tergabung dalam Program Gotong Royong Untuk Ekonomi Sejahtera dan Inklusif (Progresif) menghadirkan diskusi bertema “Pemberdayaan dan Pengikutsertaan Disabilitas dalam Pembangunan Indonesia Lebih Baik”.



Hal itu dilakukan Progresif saat menggelar Nonton Bareng Debat Capres bersama Persatuan Penyandang Disabilitas Indonesia (PPDI) di Kota Depok. Acara Nonton Bareng Capres Progresif tingkat nasional juga difokuskan pada dua titik lainnya yakni Pondok Gede, Bekasi serta Johar Baru, Jakarta Pusat.

Dalam nonton bareng, Progresif turut menyediakan juru bahasa isyarat untuk mempermudah penyandang disabilitas tunarungu mengakses materi debat capres. Pelibatan penyandang disabilitas dalam nonton bareng debat capres adalah bentuk komitmen Progresif untuk mendukung program-program Ganjar-Mahfud dalam mencapai Indonesia yang inklusi.

"Penyandang disabilitas merupakan warga Indonesia yang utuh dan wajib mendapatkan kesetaraan," ujar Direktur Teritorial dan Pemetaan Relawan PROGRESIF Nasional, Endru Pastika.



Di Indonesia, masih ada tantangan yang mesti dihadapi oleh para penyandang disabilitas seperti peningkatan kesadaran masyarakat tentang disabilitas, penghapusan stigma terhadap penyandang disabilitas, dukungan untuk meningkatkan kemandirian, dan kesetaraan hak penyandang disabilitas dalam berbagai aspek kehidupan.

Pasangan Ganjar-Mahfud dalam visinya menitikberatkan perhatiannya dan menyediakan program Disabilitas Maju dan Produktif. Mereka memastikan kesetaraan akses pekerjaan dan upah, pendidikan, pelayanan publik, serta memastikan seluruh infrastruktur publik ramah penyandang disabilitas.

“Sesuai dengan nilai relawan Progresif, yaitu gotong royong dan inklusif, maka kami dari relawan Progresif peduli dan mengajak saudara-saudara disabilitas untuk ikut serta bersama-sama dalam perjuangan mendukung paslon Ganjar dan Mahfud untuk Indonesia Lebih Baik,” tambahnya.

Selain itu, kata Endru, Ganjar-Mahfud juga mengemukakan ide untuk membentuk Kementerian Pemberdayaan Disabilitas jika terpilih. Adapun program-program tersebut sesuai dengan tujuan SDGs (Sustainable Development Goals) yang telah ditetapkan para pemimpin dunia di Markas Persatuan Bangsa-Bangsa.

"Dengan demikian, penyandang disabilitas nantinya diharapkan bisa ikut turut andil dalam mewujudkan target pertumbuhan ekonomi rata-rata mencapai 7 persen," pungkasnya.

Relawan yang dikomandoi oleh Eka Sastra akan terus mengawal dan mendukung program-program Ganjar-Mahfud di Pemilu 2024.
(akr)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1051 seconds (0.1#10.140)