Banyak Warga Okinawa Berusia 100 Tahun Lebih, Ini Rahasianya

Jum'at, 12 Januari 2024 - 12:00 WIB
loading...
Banyak Warga Okinawa Berusia 100 Tahun Lebih, Ini Rahasianya
Okinawa adalah salah satu dari lima wilayah di dunia di mana penduduknya hidup lebih panjang dan sehat dibandingkan rata-rata global. (Foto: @dr.karanr)
A A A
JAKARTA - Pulau Okinawa di Jepang dikenal sebagai wilayah dengan jumlah penduduk berusia di atas 100 tahun ke atas terbanyak di dunia. Tak heran, tempat ini sampai dijuluki Tanah Abadi. Apa rahasianya?

Analisis sensus penduduk pada tahun 2020 mencatat Okinawa memiliki jumlah penduduk terbanyak berusia seratus tahun ke atas, dengan rata-rata harapan hidup 87,4 tahun untuk wanita dan 80,27 tahun untuk pria.

Raihan ini melampaui rata-rata harapan hidup 79,1 tahun untuk wanita dan 73,2 tahun untuk pria di Amerika Serikat serta 81,27 tahun untuk pria dan 84,58 tahun untuk wanita di Israel.

Dilansir dari JPost, Jumat (12/1/2024), Okinawa mencakup area sekitar 1.201,03 km² dan merupakan bagian dari kepulauan Okinawa, yang terdiri lebih dari 150 pulau kecil yang terletak di antara Jepang dan Taiwan.



Okinawa adalah salah satu dari lima wilayah di seluruh dunia di mana penduduknya menikmati hidup yang jauh lebih panjang dan sehat dibandingkan rata-rata global. Wilayah-wilayah ini, dikenal sebagai blue zones, yaitu pulau atau komunitas terisolasi yang ditandai oleh umur panjang yang luar biasa.

Selain Okinawa, blue zones lainnya termasuk pulau Yunani Ikaria, wilayah Ogliastra di Sardinia, Italia, Nicoya Peninsula di Kosta Rika, dan kota Loma Linda di California.

Tertarik dengan keunikan ini, petualang dunia dan YouTuber Drew Binsky baru-baru ini mencari tahu rahasia umur panjang penduduk pulau Okinawa. Hasilnya, sungguh bikin dia terkejut. "Saya datang ke sini untuk mengungkap mengapa orang hidup lebih lama dan sehat, dan apa yang saya temukan akan membuat Anda terkesima," ujar Drew Binsky di saluran YouTube-nya.


Rahasia panjang umur penduduk Okinawa

1. Bangun pagi


Melalui perjalanannya, Binsky memberikan gambaran gaya hidup sehat yang diadopsi oleh penduduk setempat. Penduduk lanjut usia memulai hari mereka dengan olahraga pagi, bahkan sudah mulai pukul 6:30 pagi.

Seorang wanita berusia 90an tahun menyatakan betapa menyegarkan olahraga pagi baginya. Ketika ditanya tentang rahasia hidup sehat di Okinawa, dia menjawab, "Bahkan ketika kami di rumah, kami selalu aktif, selalu bergerak."

2. Interaksi sosial


Ketika ditanya lebih lanjut tentang rahasia kehidupan yang panjang dan memuaskan, wanita berusia 90an tersebut mengungkapkan, kuncinya pada interaksi sosial. "Anda perlu merasa bersemangat dan terlibat dalam berbagai aktivitas bersama orang di sekitar," tuturnya.

3. Pola makan sehat


Eksplorasi berlanjut dengan makan bersama yang terdiri dari berbagai hidangan kecil, mencerminkan esensi masakan Okinawa . Makanan tersebut mencakup bahan-bahan pokok seperti miso, nasi, sashimi, daging babi dengan rumput laut , dan kentang dengan ikan. Masakan lokal menekankan sayuran segar, daging lokal, dan ikan, menunjukkan perbedaan mencolok dengan makanan olahan dan digoreng yang umumnya dikonsumsi di Amerika Serikat dan negara lain.

3. Kejantanan di usia tua


Selain itu, orang tua di Okinawa menjaga hubungan seksual aktif bahkan pada usia 80 tahun. Dikenal sebagai prinsip "Hara Hachi Bu," tradisi lokal menetapkan seseorang harus berhenti makan saat sudah 80% kenyang. Praktik ini memberikan waktu bagi lambung untuk memberi sinyal kepada otak bahwa sudah kenyang, karena dibutuhkan sekitar 20 menit untuk komunikasi ini terjadi.

Akibatnya, penduduk setempat menjaga bentuk tubuh yang langsing dan bebas dari lemak berlebih. Tradisi sadar kesehatan ini melibatkan pilihan makanan dan juga mencakup konsumsi teh herbal lokal, yang dikenal karena manfaat kesehatan alaminya. Bahkan minuman beralkohol lokal, Awamori, yang terbuat dari beras dan jenis bakteri tertentu, memiliki rasa manis tanpa tambahan gula.

Binsky tidak hanya terkagum-kagum dengan keajaiban budaya dan alam Okinawa, tetapi juga mengamati populasi lanjut usia yang ramah di pulau tersebut. Setelah menghabiskan tiga hari terendam dalam komunitas mereka, ia menemukan mengapa mereka menjalani hidup yang begitu memuaskan. "Di tanah yang indah ini dengan tanah yang subur, mereka hidup dengan penuh kegembiraan, sehat, dan tanpa beban," ujarnya.

"Di dunia di mana penuaan dan kematian sering menimbulkan ketakutan, Okinawa menawarkan perspektif yang berbeda. Mereka merayakan perjalanan menua, memberi saya harapan untuk masa depan."
(msf)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2364 seconds (0.1#10.140)