Seteru Makin Memanas, Rudal Balistik Houthi Hantam Kapal AS

Selasa, 16 Januari 2024 - 07:15 WIB
loading...
Seteru Makin Memanas, Rudal Balistik Houthi Hantam Kapal AS
Rudal balistik anti-kapal yang ditembakkan Houthi Yaman menghantam kapal curah AS di dekat Teluk Aden. Foto/X/AnsarAllah
A A A
SANAA - Sebuah rudal balistik anti-kapal yang ditembakkan kelompok Houthi Yaman menghantam kapal curah Gibraltar Eagle yang dimiliki dan dioperasikan Amerika Serikat (AS). Kapal ini diserang saat berlayar kurang dari 100 mil dari Teluk Aden pada hari Senin.

Serangan ini semakin memanaskan ketegangan di kawasan Laut Merah setelah AS dan Inggris membombardir situs-situs Houthi pada pekan lalu.

Komando Pusat (CENTCOM) AS mengonfirmasi serangan tersebut dengan mengatakan tidak ada laporan korban cedera atau kerusakan signifikan.

Kelompok Houthi mengaku bertanggung jawab atas serangan itu.



Juru bicara militer Houthi Brigadir Jenderal Yahya Saree mengatakan bahwa pasukannya telah melakukan operasi militer yang menargetkan kapal Amerika. "Sejumlah rudal Angkatan Laut yang sesuai digunakan," katanya, seperti dikutip Reuters, Selasa (16/1/2024).

Operator kapal yang berbasis di AS, Eagle Bulk Shipping, mengatakan bahwa kapal yang dioperasikannya telah dihantam proyektil tak dikenal dan mengalami kerusakan ringan pada ruang kargonya. Namun tidak ada pelaut yang terluka.

“Akibat benturan tersebut, kapal tersebut mengalami kerusakan ringan pada ruang kargo namun stabil dan sedang menuju keluar dari area tersebut,” kata Eagle Bulk dalam sebuah pernyataan, seraya menambahkan bahwa kapal tersebut membawa muatan produk baja.

Kelompok Houthi, yang menguasai sebagian besar pantai Laut Merah Yaman, telah menyerang kapal-kapal komersial di wilayah tersebut yang menurut mereka terkait dengan Israel atau menuju pelabuhan Israel. Aksi kelompok ini bertujuan untuk mendukung rakyat Palestina dalam perang antara Israel dan Hamas di Gaza.

Pasukan AS dan Inggris merespons pekan lalu dengan melakukan puluhan serangan udara dan laut terhadap target-target Houthi di Yaman.

Sebelumnya pada hari yang sama, perusahaan Keamanan Maritim Inggris, Ambrey, mengatakan bahwa kapal curah milik AS yang berbendera Kepulauan Marshall terkena rudal saat transit di dekat pelabuhan Aden di Yaman.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1184 seconds (0.1#10.140)