Tiga Komoditas Ini Bakal Jadi Penyumbang Inflasi Bulan April

Jum'at, 20 April 2018 - 19:01 WIB
Tiga Komoditas Ini Bakal Jadi Penyumbang Inflasi Bulan April
Tiga Komoditas Ini Bakal Jadi Penyumbang Inflasi Bulan April
A A A
JAKARTA - Bank Indonesia (BI) menyebutkan, setidaknya tiga komoditas pangan akan menjadi penyumbang inflasi di bulan April. Kendati demikian, BI memperkirakan bahwa inflasi relatif rendah dan tetap terjaga.

"Untuk inflasi minggu ketiga 0,12%, pendorongnya adalah bawang merah cabai merah, daging ayam dan telur ayam. Itu year on year-nya 3,44%," ujar Deputi Gubernur BI Dody Budi Waluyo di Gedung BI, Jakarta, Jumat (20/4/2018).

Dia mengatakan, relatif rendahnya inflasi dipengaruhi oleh minimalnya tekanan inflasi inti, di tengah meningkatnya inflasi dari barang-barang yang harganya diatur pemerintah (administered prices) dan bahan pangan yang bergejolak (volatile food). Inflasi inti menurun sejalan dengan ekspektasi inflasi yang tetap terjaga, ditopang oleh konsistensi kebijakan moneter serta koordinasi yang kuat antara Bank Indonesia dan pemerintah dalam mengendalikan inflasi.

Dia menjelaskan, inflasi kelompok volatile food meningkat terutama bersumber dari kenaikan harga aneka cabai dan aneka bawang. Sejalan dengan itu, inflasi kelompok administered prices meningkat terutama didorong oleh penyesuaian harga bensin nonsubsidi.

"Namun ke depan, inflasi diperkirakan masih tetap berada dalam kisaran sasaran inflasi 2018," ujarnya.
(fjo)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6485 seconds (0.1#10.140)