BI Prediksi Inflasi Jelang Lebaran Tetap Terkendali

Sabtu, 21 April 2018 - 23:01 WIB
BI Prediksi Inflasi Jelang Lebaran Tetap Terkendali
BI Prediksi Inflasi Jelang Lebaran Tetap Terkendali
A A A
MATARAM - Bank Indonesia (BI) memprediksi laju inflasi masih tetap terkendali menjelang Lebaran tahun ini. Bahkan, BI menyatakan bahwa komponen bahan pangan yang bergejolak yang biasanya naik pada periode tersebut sudah masuk dalam perkiraan tersebut.

Direktur Departemen Kebijakan Ekonomi dan Moneter BI Firman Mochtar mengatakan, BI akan berkoordinasi dengan Tim Pemantau dan Pengendali Inflasi Daerah (TPPID) terkait perkembangan harga pangan ini.

"Pasti naik sih, tapi kita kordinasi di TPPID. Salah satu rapat kan, terus mencermati kenaikan inflasi di pola musiman," ujarnya di Mataram, Nusa Tenggara Barat, Sabtu (21/4/2018).

Kendati akan ada kenaikan harga pangan, BI meyakini nilainya tidak besar, terutama bila dibanding tahun lalu. Dengan begitu, perkembangan inflasi menurutnya masih bagus dan sesuai target.Firman mengatakan, target inflasi pada tahun 2018 ada di kisaran 2,5–4,5%. Sementara sekarang ini kenyataannya inflasi masih berada di angka 3,4% atau sesuai dengan perkembangan yang ditargetkan.

"Ini inflasi inti kita terus turun lho. Inflasi kita ini terus turun karena sudah ada kebiasaan di masyarakat, inflasi terus turun," pungkasnya.
(fjo)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.2695 seconds (0.1#10.140)