4 Tantangan Ini Harus Dihadapi Telkom, Begini Pesan Wamen BUMN Tiko

Jum'at, 19 Januari 2024 - 15:52 WIB
loading...
4 Tantangan Ini Harus Dihadapi Telkom, Begini Pesan Wamen BUMN Tiko
Wamen BUMN, Kartika Wirjoatmodjo atau Tiko mencatat ada empat tantangan yang harus dihadapi PT Telkom Indonesia Tbk,. Foto/Dok
A A A
JAKARTA - Wakil Menteri Badan Usaha Milik Negara, Kartika Wirjoatmodjo atau Tiko mencatat ada empat tantangan yang harus dihadapi PT Telkom Indonesia Tbk,. Keempat tantangan tersebut adalah strategi, operasi, keuangan, dan sumber daya manusia (SDM).

Menurutnya, Telkom mempersiapkan langkah strategi agar perusahaan tetap kompetitif dan bisa bersaing secara global, setelah menyelesaikan strategi Five Bold Moves pada 2024.

“Tahun 2024 adalah tahun penyelesaian strategi Five Bold Moves Telkom. Setelah itu, kita harus persiapkan langkah selanjutnya agar Telkom tetap kompetitif dan bisa bersaing secara global,” ungkap Wamen BUMN , Tiko, Jumat (19/1/2024).



Dia mengatakan, untuk menjadi pemain besar dalam bisnis B2C maupun B2B, kemampuan untuk belajar dari praktik dan pengalaman (think across) menjadi poin penting yang harus dilakukan perusahaan.“Thinking across akan membantu perusahaan untuk memahami pelanggan, mulai dari experiences, needs, dan exceeded expectations,” paparnya.

Oleh karena itu, Telkom harus terus bertransformasi dan memberikan kesan terhadap pelanggan atau customer experience terbaik.Sepanjang 2023, Telkom fokus melanjutkan langkah transformasi melalui implementasi strategi utama Five Bold Moves. Pada Juli lalu, inisiatif Fixed Mobile Convergence (FMC) telah diimplementasikan melalui integrasi IndiHome ke Telkomsel.

Langkah itu mulai menunjukkan sinyal positif, dimana efisiensi baik dari belanja modal maupun belanja operasional mulai dijalankan dan diproyeksikan dapat memperlihatkan hasil yang baik sebagaimana yang direncanakan oleh perseroan.

Begitupun dengan nilai sinergi dari IndiHome dan Telkomsel yang sudah dipersiapkan dengan cermat. Diharapkan seiring proses dan waktu yang terus berjalan, potensi peningkatan revenue dari sinergi keduanya dapat menunjukkan hasil mulai awal tahun depan.

Sementara itu, pada inisiatif B2B Digital IT Service yang fokus pada segmen bisnis Business-to-Business (B2B), Telkom meluncurkan Indibiz sebagai solusi konektivitas yang dilengkapi dengan platform dan layanan digital untuk menggarap kebutuhan para pelaku bisnis kecil dan menengah atau UKM (small and medium enterprises).

Direktur Utama Telkom, Ririek Adriansyah memastikan, 2024 menjadi momentum bagi Telkom untuk memetik hasil positif dari implementasi strategi utama Five Bold Moves yang sudah dijalankan, sekaligus melanjutkan transformasi dan realisasi dari strategi inisiatif lainnya.

“Meskipun Telkom Group memiliki elemen kunci seperti infrastruktur jaringan, pelanggan, dan data untuk mencapai kesuksesan, namun keterlibatan SDM dalam perubahan tetap menjadi faktor penentu utama,” beber Ririek.
(akr)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1725 seconds (0.1#10.140)