Siap-siap, Pemerintah Bakal Tempatkan CPNS 2024 Fresh Graduate di IKN

Selasa, 23 Januari 2024 - 11:21 WIB
loading...
Siap-siap, Pemerintah Bakal Tempatkan CPNS 2024 Fresh Graduate di IKN
Menteri PANRB, Abdullah Azwar Anas mengatakan, kebutuhan bagi fresh graduate, bukan saja untuk Otorita IKN, tetapi juga seluruh kementerian dan lembaga yang akan pindah ke IKN Nusantara. Foto/Dok
A A A
JAKARTA - Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB),Abdullah Azwar Anas mengatakan,kebutuhan bagi fresh graduate , bukan saja untuk Otorita IKN , tetapi juga seluruh kementerian dan lembaga yang akan pindah ke Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara. Diketahui Kementerian PANRB tengah mempersiapkan proses pemindahan Aparatur Sipil Negara (ASN) ke IKN Nusantara, mulai dari SDM hingga ke tata kelola pemerintahannya.



Menteri PANRB Abdullah Azwar Anas mengatakan, saat ini pihaknya diminta untuk menyiapkan jumlah kebutuhan ASN, baik yang diusulkan dari ASN yang sudah ada maupun yang akan direkrut, dari tiap Kementerian dan Lembaga (K/L) untuk penempatan di IKN.

Untuk itu dalam pengusulan kebutuhan pada Seleksi CASN Tahun 2024 ini, perlu disiapkan formasi khusus yang disiapkan untuk langsung bekerja di IKN. Bukan hanya dari Otorita IKN saja, melainkan juga dari seluruh unsur pemerintah pusat yang akan pindah ke IKN sesuai tahapannya.

"Presiden meminta agar kami juga menyiapkan formasi kebutuhan bagi fresh graduate, bukan saja untuk Otorita IKN, tetapi juga seluruh kementerian dan lembaga yang akan pindah ke IKN Nusantara," ujar Anas dalam keterangan resminya.



Dalam pembuatan skenario pemindahan ASN ke IKN ini, Kementerian PANRB tidak hanya mengoordinasikan jumlah ASN dari pemerintah pusat yang akan pindah saja. Lebih dari itu, Kementerian PANRB juga harus menyiapkan skenario agar fungsi pemerintahan dapat langsung berjalan optimal.

“Tentu kita koordinasi dengan Kementerian/Lembaga juga berapa sesungguhnya yang diperlukan bagi talenta-talenta unggul yang akan dipilih oleh Kementerian/Lembaga untuk langsung berkantor di IKN Nusantara,” tutup Anas.

Kementerian PANRB juga akan mengintensifkan koordinasi dengan berbagai kementerian dan lembaga terkait data pemetaan jumlah ASN yang akan pindah dari masing-masing instansi.

Sebelumnya Pemerintah telah mengumumkan pembukaan seleksi calon aparatur sipil negara atau ASN dengan total jumlah rekrutmen ASN pada 2024 mencapai 2,3 juta formasi.

Azwar Anas menjelaskan, bahwa tahun ini pemerintah juga memberi alokasi cukup besar bagi fresh graduate untuk mengikuti seleksi, baik untuk dosen, guru, tenaga kesehatan, tenaga teknis termasuk di dalamnya talenta digital, dan banyak sektor penting lainnya.

Adapun formasi CPNS yang dapat dilamar oleh fresh graduate sebesar 690.822 formasi. Alokasi untuk fresh graduate adalah komitmen negara guna memberikan kesempatan kepada talenta-talenta muda terbaik untuk mendarmabaktikan pikiran dan tenaganya kepada bangsa.
(akr)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2994 seconds (0.1#10.140)