Buka Rekrutmen CASN 2024, Jokowi Beri Kesempatan Buat 690 Ribu Fresh Graduate

Jum'at, 05 Januari 2024 - 20:22 WIB
loading...
Buka Rekrutmen CASN 2024, Jokowi Beri Kesempatan Buat 690 Ribu Fresh Graduate
Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengungkapkan, bahwa pemerintah akan membuka rekrutmen calon aparatur sipil negara (CASN) tahun 2024 sebanyak 2,3 juta formasi dan memberikan kesempatan kerja bagi lulusan baru. Foto/Dok
A A A
JAKARTA - Presiden Joko Widodo ( Jokowi ) mengungkapkan, bahwa pemerintah akan membuka rekrutmen calon aparatur sipil negara (CASN) tahun 2024 sebanyak 2,3 juta formasi. Jokowi pun memberikan kesempatan kerja bagi talenta muda Indonesia untuk mendaftar sebagai CASN 2024 .

“Formasi-formasi tersebut akan dialokasikan untuk guru dan dosen, tenaga kesehatan, serta tenaga teknis sesuai dengan kebutuhan,” ujar Presiden dalam keterangannya di Istana Kepresidenan, Jumat (5/1/2024).



Kepala Negara menuturkan, bahwa pemerintah memberikan kesempatan bagi para lulusan baru dengan membuka formasi calon pegawai sipil negara (CPNS) tahun 2024 sebanyak 690 ribu orang.

"Pemerintah memberikan kesempatan bagi para lulusan baru atau fresh graduate dengan membuka formasi CPNS tahun 2024 sebanyak 690 ribu orang yang tersebar di instansi pusat 207 ribu dan di instansi daerah 483 ribu," jelasnya.



Selain itu, pemerintah juga akan menyelesaikan penataan tenaga non-ASN dengan membuka rekrutmen sebanyak 1,6 juta formasi yang belum diangkat sebagai pegawai pemerintah dengan perjanjian kerja (PPPK).

“Pemerintah juga akan menyelesaikan penataan tenaga non-ASN berdasarkan database BKN sebagaimana amanat Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2023 tentang ASN, dimana tahun ini dilakukan rekrutmen sebanyak 1 juta 600 ribu formasi yang belum diangkat sebagai PPPK,” kata Presiden.

Rekrutmen CASN, kata Jokowi, digelar sebagai upaya pemerintah untuk menghadapi disrupsi teknologi yang sangat pesat. Pemerintah membutuhkan para pembelajar muda yang terampil dari berbagai disiplin ilmu untuk mendukung pelayanan publik berbasis digital, efisiensi birokrasi, dan mendorong peningkatan kinerja, serta akuntabilitas pemerintah.

“Saya mengundang saudara-saudara, talenta-talenta muda hebat Indonesia untuk memanfaatkan peluang rekrutmen calon ASN tahun 2024 dan menjadi bagian dari semangat reformasi birokrasi, serta pelayanan publik yang berdampak dan lebih baik,” tandasnya.
(akr)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1934 seconds (0.1#10.140)