7 Makanan Ini Mampu Meningkatkan Stamina, dari Sayuran Hijau hingga Yogurt

Kamis, 25 Januari 2024 - 16:29 WIB
loading...
7 Makanan Ini Mampu Meningkatkan Stamina, dari Sayuran Hijau hingga Yogurt
Ada beberapa makan yang baik untuk menjaga stamina. Sebut saja sayuran hijau hingga yogurt. Foto/ starhealth
A A A
JAKARTA - Stamina sangat dibutuhkan oleh mereka yang memiliki aktivitas pada. Begitu juga dengan seluruh atlet, termasuk pemain bola.

Mengutip Healthline, stamina merupakan kemampuan dalam melakukan suatu aktivitas tanpa merasa lelah. Dengan memiliki stamina yang baik, seorang akan memiliki performa yang baik dalam beraktivitas.



Nah, berikut ini ada makanan yang berpengaruh pada stamina. Mengutip Star Health, berikut makanan yang bisa meningkatkan stamina.

Makanan untuk Meningkatkan Stamina

1. Beras merah

Beras merah membutuhkan waktu lebih lama untuk dicerna dibandingkan nasi putih biasa karena mengandung lebih banyak serat dan lebih sedikit pati. Hal ini memberi energi pada tubuh dan menjaga tingkat stamina sekaligus membantu menjaga perut kenyang lebih lama.

2. Oatmeal

Oatmeal merupakan salah satu makanan yang lezat untuk disantap di pagi hari. Sebab, makanan ini padat nutrisi dan tinggi serat sehingga dapat memberi tubuh asupan energi yang dibutuhkan.

Kandungan yang baik dalam oatmeal, membuat makanan ini cocok disantap sebelum olahraga agar stamina tubuh menjadi benar-benar kuat.

3. Sayuran berdaun hijau

Sayuran berdaun hijau, terutama bayam dan kangkung dapat membantu meningkatkan energi dan mengurangi rasa lelah. Sebab, sayuran hijau merupakan sumber zat besi, vitamin, dan mineral yang mampu untuk mengurangi rasa lelah.

Selain itu, sayuran hijau dikemas dengan mikronutrien yang dapat membangun stamina dan juga meningkatkan jumlah sel darah merah.

4. Bit

Buah bit sangat populer saat ini. Meningkatnya popularitas sayuran berwarna merah tua dan ungu ini karena perannya dalam meningkatkan energi dan daya tahan.

Bit adalah sayuran dengan konsentrasi tinggi nitrat anorganik yang ditemukan dalam bit meningkatkan kadar asam nitrat darah yang dapat meningkatkan stamina berkelanjutan dan meningkatkan daya tahan selama olahraga.

Bit juga kaya akan gula alami. Gula ini membantu kita tetap berenergi sepanjang hari. Oleh karena itu, untuk mendorong gaya hidup sehat dan bugar, kita hanya perlu memulai hari dengan segelas jus bit.

Minum segelas jus bit sebelum berolahraga akan membuat tubuh bekerja lebih keras tanpa merasa lelah. Vitamin A dan C, yang banyak terdapat pada buah bit, membantu meningkatkan stamina dan mengurangi rasa lelah.

5. Biji-bijian

Sumber energi yang bekerja cepat termasuk biji-bijian seperti chia, rami, dan labu. Dengan mengonsumsi biji-bijian tersebut, maka tubuh akan mendapatkan banyak stamina. Hal tersebut terjadi karena adanya kandungan asam lemak omega-3 untuk membantu menghilangkan rasa lelah.


6. Apel

Apel adalah sumber zat besi, vitamin, mineral, dan kalori yang memberikan energi. Quercetin, polifenol yang ada dalam apel, meningkatkan kekebalan tubuh, mengurangi peradangan dan memperpanjang stamina.

Apel juga memiliki banyak serat. Meningkatkan jumlah serat larut dalam makanan dengan mengonsumsi apel dapat meningkatkan rasa kenyang dan membantu kita merasa kenyang dan energik lebih lama.

7. Yogurt

Yoghurt adalah makanan probiotik yang luar biasa untuk dijadikan camilan biasa. Ia memiliki mineral, termasuk magnesium dan vitamin B6 dan B12. Kita membutuhkan Vitamin B agar mitokondria melepaskan energi dan menjaga tubuh tetap aktif.
(tdy)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2981 seconds (0.1#10.140)