Mengintip Kisah Perjalanan AQUA Beriringan dengan Melestarikan Lingkungan

Selasa, 30 Januari 2024 - 11:07 WIB
loading...
Mengintip Kisah Perjalanan AQUA Beriringan dengan Melestarikan Lingkungan
Tanggung jawab lingkungan AQUA menjadi sorotan salah seorang youtuber di Indonesia dan mengangkat sepenggal kisah perjalanan sang pendiri, Tirto Utomo. Foto/Dok
A A A
JAKARTA - Tanggung jawab lingkungan AQUA menjadi sorotan salah seorang youtuber di Indonesia, Reinat Fuad. Alasannya karena pionir air kemasan itu menggunakan kemasan galon guna ulang sebagai bentuk tanggung jawab terhadap lingkungan .



Sebagaimana diketahui konsumsi AMDK (Air Minum Dalam Kemasan) galon bisa mencapai lebih dari 700 juta galon per tahun. Dapat dibayangkan bila galon guna ulang digantikan galon sekali pakai, maka akan menimbulkan sampah yang tidak terkelola dengan baik dan akan mencemari lingkungan.

"Mereka akan mendaur ulang botol bekas menjadi material yang bisa dipakai kembali," kata seorang Youtuber, Reinat Fuad.

Reinat merupakan pembawa acara dalam sebuah talkshow youtube bernama kasisolusi. Dia mengaku sengaja mengangkat kisah perjalanan AQUA karena terkesan dengan perjuangan sang pendiri, Tirto Utomo.



Tirto mengembangkan air minum dalam kemasan yang menantang kebiasaan cara masyarakat mengonsumsi air minum saat itu. Acara yang dibawakan Reinat Fuad itu membahas tentang awal mula AQUA berdiri pada 1970 silam.

Menurutnya, sejak berdiri hingga kini, AQUA mengelola sumber daya air dari hulu sampai hilir yang terintegrasi untuk memberikan kesehatan bagi masyarakat. Dia menjelaskan, dari sisi hulu diwujudkan dengan pengelolaan sumber daya air dengan melakukan penanaman jutaan pohon untuk konservasi, sedangkan sisi hilir adalah dengan pengelolaan sampah plastik yang terintegrasi.

"Hal ini juga menarik Danone untuk membeli mayoritas saham AQUA pada tahun 1998," katanya.

Dia menceritakan, bahwa keputusan Danone untuk membeli saham mayoritas AQUA karena memiliki visi dan misi yang sama, yakni untuk membuat masyarakat lebih sehat. Danone dan AQUA juga menciptakan simbiosis mutualisme.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1098 seconds (0.1#10.140)