Profil Shahid Khan, Orang Terkaya Asal Pakistan yang Pernah Jadi Tukang Cuci Piring

Rabu, 31 Januari 2024 - 16:39 WIB
loading...
Profil Shahid Khan, Orang Terkaya Asal Pakistan yang Pernah Jadi Tukang Cuci Piring
Shahid Khan, miliuner asal Pakistan yang memiliki kekayaan mencapai USD11,7 miliar atau sekitar Rp184 triliun. FOTO/Dok.
A A A
JAKARTA - Nama Shahid Khan mungkin masih terdengar asing bagi kebanyakan orang. Namun, pria kelahiran Pakistan ini bukanlah orang biasa, karena masuk dalam deretan orang terkaya di dunia versi Forbes tahun 2023.

Shahid Khan tercatat memiliki kekayaan mencapai USD11,7 miliar atau sekitar Rp184 triliun. Pada daftar World’s Billionaires List The Richest in 2023 versi Forbes, angka tersebut menempatkannya sebagai orang terkaya di dunia ke-144.



Kendati peringkatnya masih di atas 100, Shahid Khan diakui sebagai orang terkaya asal Pakistan. Sebagaimana diketahui, pria kelahiran Pakistan ini telah mengganti kewarganegaraannya menjadi warga negara Amerika Serikat (AS).

Lantas, siapakah sebenarnya sosok Shahid Khan ini? Simak ulasannya berikut untuk mengenalnya lebih jauh.

Profil Shahid Khan

Shahid Khan merupakan salah seorang pengusaha sukses Pakistan-Amerika. Salah satu sumber utama dari pundi-pundi penghasilannya adalah Flex N Gate, perusahaan pemasok suku cadang mobil terkemuka di dunia.

Shahid Khan berasal dari keluarga kelas menengah di Lahore, Pakistan, yang lahir pada 18 Juli 1950. Ia pindah ke Amerika Serikat pada 1967 untuk menimba ilmu di Universitas Illinois.

Mengutip laman DNA India, Shahid mendapati kondisi keuangannya belum stabil kala itu. Akibatnya, ia memutuskan untuk mengambil pekerjaan serabutan untuk bertahan hidup di luar negeri.

Pekerjaan pertama yang dilakoni Shahid adalah pencuci piring. Waktu itu, setidaknya ia bisa mendapat upah USD1,20 per jamnya.

Perjuangannya mulai membuahkan hasil. Pada 1971, Shahid mendapat gelar Bsc jurusan teknik industri dari University of Illinois at Urbana-Champaign (UIUC).

Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1864 seconds (0.1#10.140)