alexametrics

Era Digital, Kesempatan Sekaligus Tantangan untuk Jadi Pengusaha

loading...
Era Digital, Kesempatan Sekaligus Tantangan untuk Jadi Pengusaha
Diginesia 2018 yang diselenggarakan di Auditorium FEB UI, Jakarta, Senin (4/6/2018). Foto/Yanuar
A+ A-
JAKARTA - Di era digital yang menawarkan berbagai kemudahan untuk mulai membangun bisnis, menjadi pengusaha merupakan sebuah kesempatan sekaligus tantangan.

Hal itu diungkapkan Founder SBM Pro Indonesia Budi Satria Isman dalam seminar "Diginesia 2018" yang diselenggarakan SINDONews bersama SBM Pro Indonesia di Auditorium FEB UI, Jakarta, Senin (4/6/2018). Budi menegaskan, saat ini adalah masa yang tepat untuk menjadi pengusaha sukses berkat dukungan kemajuan teknologi, yang memungkinkan banyak munculnya perusahaan start-up.

"Ini zamannya. Karena menurut saya, banyak yang dulu saya waktu mulai jadi pengusaha tidak bisa didapat, sekarang bisa didapat," ujarnya.



Budi mencontohkan, dulu untuk memulai usaha juga membutuhkan tempat jualan secara fisik dalam bentuk rumah toko atau ruko. Sementara sekarang, melalui aplikasi digital, semua bisa melakukan transaksi jual-beli tanpa harus memiliki tempat berjualan secara fisik.

"Dulu saya bikin PT mau jualan buku harus sewa ruko dijadikan tempat jual buku, harus ada modal beli buku dan sewa ruko. Sekarang modal online, ruko tidak perlu, ada Bukalapak, Tokopedia, dan lain-lain," katanya.

Kendati demikian, Budi mengingatkan, adanya teknologi digital tidak serta merta membuat kesuksesan terjadi secara instan. Sebab, tetap ada beberapa kriteria yang dibutuhkan dalam diri seseorang untuk mencapai kesuksesan.

"Orang sukses punya cita-cita, kriteria, karakter tertentu baru bisa sukses. Seberapa kemudahan yang didapat dari teknologi belum tentu juga Anda jadi sukses, karena ada banyak faktor lain," pungkasnya.
(fjo)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Facebook
  • Disqus
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak