Luhut Klaim Elon Musk Bakal Pasang Internet Starlink di IKN

Rabu, 07 Februari 2024 - 21:47 WIB
loading...
Luhut Klaim Elon Musk Bakal Pasang Internet Starlink di IKN
Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar Pandjaitan. FOTO/dok.SINDOnews
A A A
JAKARTA - Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar Pandjaitan mengaku tidak lagi menunggu masuknya investasi perusahaan mobil listrik Tesla ke Indonesia, lantaran sudah ada investasi dari pabrikan otomotif asal China, Build Your Dreams (BYD).

"Kita sudah ada dengan BYD. BYD juga nggak jelek, bagus," jelasnya ketika ditemui di kantornya, Kemenko Marves, Jakarta, Rabu (7/2/2024).

Namun demikian, Luhut mempersilakan apabila Tesla memang masih ingin berinvestasi di Indonesia. "Kalau Tesla mau datang silakan, kalau dia nggak mau datang ya silakan juga," jelas Luhut.

Dia menilai jika Tesla akan masuk Indonesia maka akan berinvestasi dengan membangun fasilitas pengolahan bahan baku untuk baterai mobil listrik. Proyek investasi ini dikerjakan Tesla bersama perusahaan mobil asal Amerika Serikat, Ford.

Baca Juga: Luhut Bela Jokowi Dituduh Tak Bisa Kerja: Lihat Nih dengan Kepala

Selain itu, Tesla bekerja sama pula dengan salah satu produsen nikel di Indonesia, PT Vale Indonesia Tbk (INCO), untuk penyediaan pasokan bahan baku dari komoditi tambang yang belum bisa disebutkan jenis produknya.

"Ya dia lihat nanti produk apa yang dia mau, kita lihat saja, tunggu," imbuh Luhut.

Di sisi lain, Luhut menyebut, Elon Musk berencana investasi di Indonesia melalui perusahaannya yang lain, yaitu Starlink. Investasi yang dilakukan melalui anak usaha SpaceX itu akan ditempatkan di IKN Nusantara. "Starlink mau masuk, saya kira hampir selesai persyaratannya, dia akan ke IKN," kata dia.

Dia mengatakan Starlink melengkapi persayaratan dari Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo), maka dalam kurun waktu sepekan Starlink harus memenuhi izin Uji Laik Operasi (ULO). Setelah mendapatkan izin laik operasi dari Kominfo, maka pihak Starlink bisa datang ke Indonesia untuk melakukan peresmian investasi. Rencananya, seremoni masuknya investasi Starlink akan dilakukan di IKN.

"Karena dia mau launching katanya di IKN, dan di puskesmas yang dekat IKN," kata dia.



Luhut mengungkapkan investasi Starlink di IKN ini sejalan dengan arahan Presiden Jokowi agar tersedia jaringan internet yang memadai, khususnys di puskesmas-puskesmas sekitar IKN. Harapannya, kualitas pelayanan kesehatan di pedesaan bisa meningkat.

"Supaya puskesmas-puskesmas yang tidak terjangkau dengan komunikasi, dengan Starlink jadi bisa terjangkau, sehingga pelayanan kesehatan di pedesaan itu bisa terjangkau," jelas Luhut.
(nng)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1234 seconds (0.1#10.140)