alexametrics

Kelalaian Pengawasan Penyebab Kecelakaan Kapal Laut

loading...
Kelalaian Pengawasan Penyebab Kecelakaan Kapal Laut
Pengamat transportasi Azas Tigor Nainggolan (baju hijau). Foto/SINDOnews
A+ A-
JAKARTA - Kecelakaan transportasi laut kembali menjadi sorotan, setelah peristiwa nahas KM (Kapal Motor) Sinar Bangun di Danau Toba, Sumatra Utara pada akhir Juni, kini karamnya KM Lestari Maju di perairan Selayar, Sulawesi Selatan pada Selasa (3/7/2018).

Pengamat transportasi Azas Tigor Nainggolan menilai bahwa kecelakan kapal yang kerap terjadi di Indonesia dikarenakan kelalaian pengawasan pemerintah. Sebab, tidak mengecek ataupun memperhatikan beberapa komponen keselamatan transportasi laut.

"Ini yang selalu terjadi di negara kita yaitu kelalaian pengawasan yang dilakukan oleh pemerintah, seperti petugas pelabuhan yang tidak mengecek kembali pas kapal penyebrangan. Padahal itu poin pentingnya," ujar Azas Tigor saat dihubungi SINDOnews di Jakarta, Selasa (3/7/2018).



Dia mengatakan bahwa aturan pemerintah yang ditetapkan terkadang masih dilalaikan oleh beberapa oknum tertentu. Untuk itu, pemerintah pun harus tegas dalam menerapkan aturan aspek keselamatan angkutan laut.

"Sebenarnya aturan pemerintah sudah bagus hanya masih ada saja kelalaian. Maka pemerintah harus membenahi yang kecil-kecil untuk aspek keselamatan tersebut agar tidak kembali terulang," jelasnya.

Namun selain faktor dari kelalaian pengawasan, bisa jadi hal itu dipicu oleh kondisi alam. Sebab, kondisi alam bisa mempengaruhi kondisi perairan air Indonesia.

"Tapi bisa jadi itu karena faktor alam. Hanya saja tidak terlalu besar, soal kecelakaan lebih besar disebabkan kelalaian pengawasan," jelasnya.
(ven)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Facebook
  • Disqus
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak