6 Manfaat Puasa Intermiten untuk Penderita Diabetes, Kendalikan Kadar Gula Darah

Selasa, 13 Februari 2024 - 12:25 WIB
loading...
6 Manfaat Puasa Intermiten untuk Penderita Diabetes, Kendalikan Kadar Gula Darah
Puasa intermiten adalah pola makan yang melibatkan siklus antara periode puasa dan makan. Puasa intermiten memiliki beberapa manfaat bagi penderita diabetes. Foto/Getty Images
A A A
JAKARTA - Puasa intermiten adalah pola makan yang melibatkan siklus antara periode puasa dan makan. Beberapa penelitian telah menunjukkan bahwa puasa intermiten bisa memiliki beberapa manfaat bagi penderita diabetes .

Perlu diketahui bahwa efeknya dapat bervariasi antara individu. Meski bermanfaat untuk penderita diabetes , penting untuk dicatat juga bahwa puasa intermiten tidak sesuai untuk semua orang, terutama bagi mereka yang memiliki kondisi medis tertentu atau yang sedang minum obat-obatan tertentu.

Sebelum memulai program puasa intermiten, sangat penting untuk berkonsultasi dengan dokter atau ahli gizi untuk memastikan keamanan dan kesesuaian dengan kondisi kesehatan Anda. Terutama jika memiliki diabetes atau kondisi medis lainnya.

Manfaat Puasa Intermiten untuk Penderita Diabetes



Berikut beberapa manfaat puasa intermiten untuk penderita diabetes dilansir dari Health Line, Selasa (13/2/2024).



1. Meningkatkan Sensitivitas Insulin


Puasa intermiten telah terbukti dapat meningkatkan sensitivitas insulin, yang berarti tubuh lebih efisien dalam menggunakan insulin untuk menurunkan kadar gula darah. Ini dapat membantu mengendalikan kadar gula darah pada penderita diabetes tipe 2.

2. Menurunkan Berat Badan


Puasa intermiten sering kali menyebabkan penurunan berat badan, terutama jika diikuti dengan pola makan sehat dan seimbang selama periode makan. Penurunan berat badan dapat membantu meningkatkan kontrol gula darah pada penderita diabetes.

3. Mengurangi Resistensi Insulin


Puasa intermiten telah ditunjukkan dapat mengurangi resistensi insulin, yang merupakan faktor risiko utama untuk diabetes tipe 2.

Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1430 seconds (0.1#10.140)