Peruri Jadi GovTech Indonesia, Wamen BUMN Beberkan Tugas Utamanya

Selasa, 13 Februari 2024 - 22:06 WIB
loading...
Peruri Jadi GovTech Indonesia, Wamen BUMN Beberkan Tugas Utamanya
Wakil Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Kartika Wirjoatmodjo. FOTO/dok.SINDOnews
A A A
JAKARTA - Wakil Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Kartika Wirjoatmodjo meminta Perum Peruri fokus memperkuat struktur organisasi dan pelayanan yang lebih optimal guna mendukung penugasan baru sebagai GovTech Indonesia atau INA Digital. Peruri harus fokus pada dua elemen dalam kerangka kerja adaptif yakni transformasi organisasi dan orang-orang yang terus dikembangkan secara berkelanjutan.

"INA Digital merupakan masa depan Peruri, di samping tetap menjalankan tugasnya dalam mencetak uang rupiah dan dokumen sekuriti lainnya, Peruri harus berfokus pada penyelenggaraan SPBE (Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik) sebagai GovTech Indonesia," ujar Tiko di Jakarta, Selasa (13/2/2024).



Dia menyampaikan untuk menjadi perusahaan yang unggul, Peruri juga harus mampu menyusun rencana transformasi jangka panjang dan strategic adjustments untuk mengoptimalkan short-term opportunities.

Tiko menyebut Peruri sebagai Perum yang sangat bergantung pada regulasi pemerintah, tetap mampu menjaga profitabilitasnya dengan bertransformasi dari sisi teknologi untuk menciptakan produk yang berkualitas serta mampu kompetitif di bisnis internasional.

INA Digital akan mengintegrasikan layanan digital pemerintahan ke dalam satu portal nasional, sehingga publik dapat mengakses beberapa layanan pemerintahan menjadi lebih efisien, cepat dan efektif melalui adanya single sign-on berbasis kebutuhan masyarakat/citizen centric.

Beberapa aplikasi SPBE prioritas yang diintegrasikan adalah layanan pendidikan, layanan kesehatan, layanan bantuan sosial, layanan administrasi kependudukan, layanan transaksi keuangan negara, layanan administrasi pemerintahan, layanan portal layanan publik, layanan satu data Indonesia, dan layanan Kepolisian.



Sementara, Direktur Utama Peruri Dwina Septiani Wijaya mengatakan bahwa tahun ini Peruri akan fokus untuk menyukseskan proyek SPBE demi mendukung transformasi Peruri sebagai GovTech Indonesia. Dalam rangka menjaga kondisi perusahaan agar tetap sehat, Peruri akan tetap mengoptimalkan bisnis eksisting di bidang security printing.

"Walaupun tren volume pesanan di bidang security printing tidak menunjukkan kenaikan yang signifikan, namun Peruri terus meningkatkan dari sisi value, misalnya dengan penguatan teknologi, meningkatkan efisiensi dan mendorong inovasi serta mengoptimalisasikan penggunaan material lokal," kata Dwina.

Lebih lanjut, Peruri yang saat ini sudah memiliki kapabilitas di bidang security digital juga akan membuat produk-produk hibrida dari produk konvensionalnya yang sudah ada. Dalam menciptakan dan mengembangkan bisnis baru di bidang digital, Peruri juga terus meningkatkan digital kapasitasnya di samping tetap menjaga tata kelola perusahaan yang baik dan mematuhi regulasi yang berlaku.

Untuk mendukung suksesnya SPBE, Peruri sedang menyiapkan pembentukan Tim GovTech Indonesia yang berasal dari talenta-talenta yang profesional dan berpengalaman melalui proses rekrutmen yang telah dibuka ke publik.
(nng)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1637 seconds (0.1#10.140)