Pasokan Langka, Harga Cabai Rawit Merah Tembus Rp85 Ribu

Kamis, 15 Februari 2024 - 14:28 WIB
loading...
Pasokan Langka, Harga Cabai Rawit Merah Tembus Rp85 Ribu
Harga cabai-cabaian di Pasar Induk Kramat Jati mengalami kenaikan akibat pasokan langka. FOTO/Iqbal Dwi Purnama
A A A
JAKARTA - Harga cabai-cabaian di Pasar Induk Kramat Jati mengalami kenaikan. Harga cabai merah mencapai di atas Rp80 ribu per kilogram. Salah seorang pedagang di Pasar Induk Kramat Jati, Siti Rodiah mengungkapkan tiga hari lalu, harga cabai merah masih Rp60 ribu per kg. Namun, hari ini sudah mencapai Rp80 ribu per kilogram.

Dia mengungkapkan harga cabai rawit merah mencapai Rp85 ribu per kilogram dari tiga hari lalu Rp50 ribu per kilogram. Lonjakan juga terjadi untuk Cabai Merah Keriting mencapai Rp80 ribu per kilogram dari tiga hari lalu Rp60 ribu per kilogram.

Sedangkan untuk harga cabai rawit hijau, saat ini memiliki harga Rp55 ribu per kilogram. Harga tersebut mengalami kenaikan jika dibandingkan dengan tiga hari lalu Rp40 ribu per kilogram.

"Harga-harga ini naik karena memang barang lagi kosong," ujar dia saat ditemui di Pasar Induk Kramat Jati, Jakarta Timur, Kamis (15/2/2024).



Sedangkan untuk bawang merah, Siti Rodiah mengaku juga mengalami peningkatan. Per hari ini, cabai merah dijual harga Rp30 ribu per kilogram dari tiga hari lalu Rp25 ribu per kilogram. Harga tomat saat ini juga mengalami kenaikan, dari sebelumnya Rp20 ribu per kilogram, hari ini harganya naik menjadi Rp25 ribu per kilogram.

Tak hanya itu, harga kol juga naik. Salah seorang pedagang, Nurdin mengatakan harga kol menjadi Rp5 ribu per kilogram naik dari sebelumnya Rp4 ribu per kilogram. Sedangkan harga kentang, masih stabil, yaitu Rp15 ribu per kilogram.



"Mungkin karena cuaca, kalau pasokan barang untuk kol dan kentang masih stabil. Kalau hujan kan memang petani tidak bisa motong," jelasnya.
(nng)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1681 seconds (0.1#10.140)