Harumnya Bisnis Kopi Semende Cap Bukit Asam, UMK Binaan MIND ID

Kamis, 15 Februari 2024 - 15:54 WIB
loading...
Harumnya Bisnis Kopi Semende Cap Bukit Asam, UMK Binaan MIND ID
Mengawali bisnis kecil-kecilan dengan menjual kopi bubuk kemasan sederhana. Tak disangka, usaha yang dimulai Zona dan teman-temannya menjadi semakin besar berkat binaan Grup MIND ID PT Bukit Asam Tbk (PTBA). Foto/Dok
A A A
JAKARTA - Mengawali bisnis kecil-kecilan dengan menjual kopi bubuk kemasan sederhana. Tak disangka, usaha kopi yang dimulai Zona dan teman-temannya menjadi semakin besar berkat binaan Grup MIND ID PT Bukit Asam Tbk (PTBA).



Adalah Sentra Industri Bukit Asam (SIBA) yang memproduksi kopi semende bermerek Cap Bukit Asam. Sejak 2020, PT Bukit Asam Tbk telah membina SIBA Kopi hingga mampu bertransformasi menjadi usaha kopi yang patut diperhitungkan.

Dari yang awalnya hanya dapat menjual 10 kg kopi dalam sebulan, kini SIBA Kopi mampu mencatat penjualan hingga 200 kg per bulan. Bahkan, kini produk-produk kopi ini tersedia dalam berbagai varian dan ukuran.

“Saat awal memulai bisnis, kami hanya modal 10 kg kopi. Sekarang sudah 150-200 kg per bulan dengan penjualan 200 kg per bulan,” kata Ketua SIBA Kopi, Zona.



Berkembangnya SIBA Kopi tidak lepas dari andil PT Bukit Asam Tbk dalam memberikan bantuan berupa berbagai alat produksi dan pelatihan, seperti mesin roasting untuk memanggang biji kopi, mesin sealer untuk pengemasan, handpresso untuk pembuatan kopi espresso, dan sebagainya.

Terkait pemasaran, Kopi Cap Bukit Asam telah berhasil menembus pasar nasional berkat pendampingan Grup MIND ID ini. Kopi Cap Bukit Asam telah masuk ke minimarket-minimarket di Muara Enim. Selain itu, kopi ini juga tersedia di platform marketplace Pasar Digital UMKM Indonesia (PaDi UMK) dan media sosial.

Sebagai sentra promosi pengembangan UMK binaan, PT Bukit Asam Tbk juga telah mendirikan SIBA Center di Tanjung Enim, Kecamatan Lawang Kidul, Kabupaten Muara Enim. Selain SIBA Kopi, SIBA Center juga telah menghasilkan sejumlah brand lain, seperti SIBA Songket, SIBA Batik, SIBA Jamur, SIBA Rajut, SIBA Pupuk, hingga SIBA Rosella.

Program pembinaan terhadap pelaku Usaha Mikro dan Kecil (UMK) di sekitar wilayah operasi perusahaan telah banyak dilakukan PT Bukit Asam Tbk. Berkat program ini, banyak pelaku UMK kini sudah naik kelas dan sukses menjalankan usaha.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1760 seconds (0.1#10.140)