6 Manfaat Cuka Sari Apel, Bisa Menurunkan Kolesterol

Senin, 19 Februari 2024 - 10:07 WIB
loading...
6 Manfaat Cuka Sari Apel, Bisa Menurunkan Kolesterol
Ada banyak manfaat kesehatan dari mengonsumsi cuka sari apel (ACV). Foto/ Unsplash
A A A
JAKARTA - Cuka sari apel (ACV) adalah minuman pagi sehari-hari yang umum dilakukan oleh orang-orang yang mengutamakan kesehatan. Pasalnya, ada banyak manfaat dari mengonsumsi cuka sari apel ini.

Sari cuka apel bisa mengontrol diabetes hingga mengelola kolesterol. Dikutip healths hots, berikut manfaat kesehatan dari cuka sari apel.


Manfaat cuka sari apel

1. Mengatur kadar gula darah

Cuka sari apel dipercaya efektif menurunkan kadar gula darah, terutama pada diabetes tipe-2. Hal ini ditandai dengan tingginya kadar gula yang disebabkan oleh resistensi insulin. Beberapa penelitian menemukan bahwa mengonsumsi cuka sari apel dapat membantu meningkatkan sensitivitas insulin dan menurunkan kadar gula darah setelah makan. Namun, diperlukan lebih banyak penelitian.

2. Baik untuk kulit dan rambut

Apakah Anda mempunyai jerawat, noda, dan bekas luka pada kulit? Nah, meminum cuka sari apel mungkin bisa membantu Anda menghilangkan semua masalah kulit tersebut. Mengandung sifat antibakteri yang membantu melawan jerawat dan masalah kulit lainnya.

Sari cuka apel juga mengandung asam laktat, asam suksinat, asam asetat, dan asam kritis, yang semuanya membantu mengatasi masalah kulit. ACV juga kaya akan vitamin dan mineral yang baik untuk rambut Anda. Namun, sebaiknya hindari mengaplikasikannya langsung pada rambut atau kulit Anda.

3. Membantu menurunkan berat badan

Jika Anda adalah seseorang yang mencoba menurunkan berat badan, Anda mungkin ingin menambahkan cuka sari apel ke dalam makanan Anda. Beberapa penelitian telah menegaskan manfaat cuka sari apel untuk menurunkan berat badan.

Sebuah penelitian yang diterbitkan dalam jurnal resmi Japan Society of Bioscience, Biotechnology, and Biochemistry menemukan bahwa mengonsumsi 1-2 sendok makan cuka setiap hari membantu menurunkan berat badan dan menurunkan kadar trigliserida. pada orang.

4. Menjaga tekanan darah tetap terkendali

Tekanan darah adalah kekuatan darah yang mendorong arteri Anda. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa cuka sari apel dapat membantu menjaga kadar gula darah tetap rendah. Sebuah studi yang diterbitkan dalam jurnal Complementary Therapies in Medicine menemukan bahwa mengonsumsi ACV membantu mengurangi tekanan darah sistolik dan diastolik serta dapat membantu menurunkan tingkat tekanan darah Anda.

5. Menurunkan kadar kolesterol

Kadar kolesterol dan tekanan darah yang tinggi dapat meningkatkan risiko penyakit jantung. Mengonsumsi cuka sari apel bahkan dapat menurunkan kadar kolesterol Anda dan menjaga risiko terkena penyakit-penyakit tersebut.

Sebuah studi yang diterbitkan dalam BMC Complementary Medicine and Therapies menemukan bahwa mengonsumsi ACV dapat membantu menjaga profil lipid Anda, yang berarti kadar kolesterol dan trigliserida Anda.

6. Meringankan refluks asam

Refluks asam menyebabkan mulas, yaitu sensasi terbakar yang terjadi ketika sebagian asam lambung mengalir kembali ke kerongkongan. Banyak orang mengonsumsi cuka sari apel untuk menghilangkan sakit maag dan naiknya asam lambung. Namun, penelitian terbatas yang mendukungnya. Konsultasikan dengan dokter Anda terlebih dahulu jika Anda mengalami masalah tersebut.


Takaran cuka sari apel

Anda sebaiknya tidak meminum cuka sari apel dalam dosis tinggi. Yang terbaik adalah mengencerkan satu atau dua sendok makan ke dalam segelas air.

Meski dapat membantu menjaga kesehatan, mengonsumsi terlalu banyak dapat berdampak buruk pada kesehatan Anda. Jadi, pastikan meminumnya dalam jumlah sedang.
(tdy)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1362 seconds (0.1#10.140)