Pelabuhan Merak Jadi Perlintasan Pawai Obor Asian Games

Selasa, 24 Juli 2018 - 14:53 WIB
Pelabuhan Merak Jadi Perlintasan Pawai Obor Asian Games
Pelabuhan Merak Jadi Perlintasan Pawai Obor Asian Games
A A A
PERHELATAN akbar olahraga terbesar Asia, yakni Asian Games 2018, pada Agustus nanti, akan melibatkan banyak pihak.
Salah satunya PT ASDP Indonesia Ferry Cabang Merak. Keterlibatan PT ASPD Merak terkait perlintasan api obor Asian Games yang akan datang ke Pelabuhan Merak dari Pelabuhan Bakauheni, Lampung. General Manajer PT ASDP Indonesia Ferry Cabang Merak Fahmi Alweni mengatakan, pembangunan dermaga eksekutif Pelabuhan Merak saat ini telah mencapai 90%.

Namun, pihaknya menjamin pembangunan dermaga eksekutif akan rampung 100% pada Agustus nanti. “Dermaga eksekutif di dermaga VI. Kalau untuk dermaga, kami jamin bisa dipakai pada saat rombongan pembawa api obor Asian Games lewat. Hanya untuk gedung terminal eksekutif belum siap. Pada Agustus nanti masih tahap finishing,” kata Fahmi.

Fahmi menambahkan, finishing yang dimaksud adalah pembangunan fasilitas penunjang di gedung terminal. “Seperti taman, toilet, platform atap gedung, itu masih perlu disempurnakan. Makanya, saat atlet pembawa obor melintasi Selat Sunda menggunakan jasa penyeberangan laut, terminal eksekutif tersebut belum rampung secara sempurna,” ujarnya.

Akan tetapi, pihaknya belum mendapatkan informasi utuh terkait agenda kedatangan atlet pembawa api obor Asian Games, baik terkait seremoni yang akan dilakukan maupun kepastian dermaga yang akan digunakan bersandar.

“Kapan menyeberang, menggunakan kapal apa, serta merapat di dermaga mananya, kami belum mendapat kepastian. Tapi, kami akan siapkan ruang VIP untuk para pejabat pemerintah pusat yang akan transit usai menyeberang dari Pelabuhan Bakauheni,” tuturnya.

Mengantisipasi kedatangan rombongan pawai api obor Asian Games, ASDP Merak akan menyiapkan empat kapal, yaitu KMP Sebuku, KMP Batu Mandi, KMP Portlink, dan KMP Pulotiga. “Walaupun gedung terminal eksekutif belum siap, tapi kami sudah siapkan kapal-kapal di dermaga VI. Tapi sekali lagi, kami belum tahu jadwal pastinya karena dari provinsi belum ada kabar lebih lanjut,” kata Fahmi.
(don)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.3978 seconds (0.1#10.140)