Minim Sentimen Positif, Pelemahan Rupiah Diprediksi Belum Reda

Rabu, 25 Juli 2018 - 09:29 WIB
Minim Sentimen Positif, Pelemahan Rupiah Diprediksi Belum Reda
Minim Sentimen Positif, Pelemahan Rupiah Diprediksi Belum Reda
A A A
JAKARTA - Langkah Bank Indonesia (BI) untuk meredam pelemahan rupiah melalui kebijakan moneter melalui penerbitan instrumen di pasar uang dengan adanya penerbitan SBI tampaknya belum banyak berimbas pada rupiah.

Di sisi lain, laju rupiah masih lebih banyak merespons pergerakan mata uang global, terutama dengan berbalik melemahnya euro (EUR) dengan tekanan pada sentimen internalnya dan yuan (CNY) seiring rencana devaluasi nilainya.

"Tetap mencermati dan mewaspadai berbagai sentimen yang dapat membuat rupiah kembali melemah," ujar Pengamat Pasar Modal Reza Priyambada di Jakarta, Rabu (25/7/2018).

Reza memperkirakan, rupiah akan bergerak di kisaran Rp14.532-Rp14.494 dolar AS. Sementara, laju rupiah kemarin kembali mengalami pelemahan seiring imbas melemahnya laju EUR terhadap USD seiring dengan adanya kekhawatiran Uni Eropa akan terkena dampak dari kebijakan pengenaan tarif impor oleh pemerintahan AS.

Di sisi lain, beberapa rilis data makroekonomi antara lain indeks aktivitas bisnis dan PMI UNI Eropa masih cenderung datar sehingga dikhawatirkan ekonomi Uni Eropa akan rentan dengan kebijakan pemerintahan AS tersebut.

"Dari dalam negeri seperti yang disampaikan sebelumnya di mana masih cenderung minim sentimen positif sehingga laju rupiah ikut mengalami pelemahan," pungkasnya.
(fjo)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5058 seconds (0.1#10.140)