Anggaran Makan Siang Gratis, Menko Airlangga Beri Sinyal Diambil dari Dana BOS

Kamis, 29 Februari 2024 - 18:45 WIB
loading...
Anggaran Makan Siang Gratis, Menko Airlangga Beri Sinyal Diambil dari Dana BOS
Pemerintah Kabupaten Tangerang melakukan simulasi program makan siang gratis di SMP Negeri 2 Curug, Tangerang. Foto/Dok
A A A
JAKARTA - Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto mengungkapkan, rencana seputar pembiayaan program makan siang gratis yang bakal bersumber dari dana Bantuan Operasional Sekolah atau (BOS). Diketahui dana BOS merupakan berasal dari Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi.

"Kami mengusulkan pola pendanaannya melalui Bantuan Operasional Sekolah spesifik atau BOS Spesifik atau BOS Afirmasi untuk khusus menyediakan makan siang untuk siswa, ada rekening terpisah," ujar Menko Airlangga sebelum simulasi di SMP Negeri 2 Curug, Tangerang pada Kamis (29/2/2024).



Program makan siang gratis ini merupakan andalan dari calon presiden dan wakil presiden Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka (Prabowo-Gibran).



Sebagai informasi BOS Afirmasi merupakan program pemerintah pusat yang dialokasikan bagi satuan pendidikan dasar dan menengah yang berada di daerah khusus, yang ditetapkan oleh kementerian. Menko Airlangga menerangkan, dana program makan siang gratis itu nantinya bakal langsung disalurkan ke rekening sekolah.

Nantinya terang dia, bakal ada rekening terpisah antara penyaluran BOS Reguler dan BOS Spesifik. Tujuannya, ungkap Menko Airlangga, agar ada evaluasi dan pemantauan yang jelas atas pembiayaan program tersebut.

Airlangga sendiri pada hari ini bersama Pemerintah Kabupaten Tangerang melakukan simulasi program makan siang gratis di SMP Negeri 2 Curug, Tangerang. Airlangga juga didampingi oleh Ketua Tim Kampanye Daerah (TKD) Ahmed Zaki Iskandar.

Terdapat empat menu yang disediakan dalam simulasi program makan siang gratis ini, antara lain gado-gado, siomay, serta dua paket nasi. Total nilai setiap menu sebesar Rp15 ribu per sajian.
(akr)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2071 seconds (0.1#10.140)