Galang Dana untuk Korban Gempa Lombok, Menaker Lelang Gitar

Kamis, 30 Agustus 2018 - 14:26 WIB
Galang Dana untuk Korban Gempa Lombok, Menaker Lelang Gitar
Galang Dana untuk Korban Gempa Lombok, Menaker Lelang Gitar
A A A
JAKARTA - Menteri Ketenagakerjaan M Hanif Dhakiri melelang gitar akustik pada acara Konser Amal untuk NTB yang digelar oleh sebuah stasiun televisi swasta di Jakarta, Rabu (29/82018). Dalam lelang tersebut gitar Menteri Hanif laku Rp1 miliar.

Salah satu bintang tamu acara tersebut adalah Elek Yo Band, grup musik yang personilnya para menteri pemerintahan Presiden Joko Widodo.

Selain penampilan musik, panitia melelang gitar Menteri Hanif, serta pakaian dan raket sejumlah atlet Indonesia yang digunakan dalam meraih medali pada Asian Games 2018.

Sejumlah menteri juga melelang barang koleksinya. Menteri Retno melelang vas bunga yang terjual Rp150 juta, Menteri Budi Karya melelang kain tenun khas NTB yang terjual Rp150 juta, dan Menteri Puan melelang jaket Asian Games yang laku Rp200.

Awalnya, lelang gitar akustik itu dibuka dengan penawaran awal Rp 100 juta. Menteri Hanif berinisiatif agar seluruh personil Elek Yo Band membubuhkan tandatangan pada gitar tersebut.

“Jika ada tandatangan seluruh personil, semoga harganya menjadi mahal,” kata Menaker setengah berseloroh.

Sejurus kemudian seluruh personil membunuhkan tandatangan. Yakni Menteri Kementerian Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Puan Maharani, Menteri Luar Negeri Retno Marsudi, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono, Kepala Badan Ekonomi Kreatif Triawan Munaf dan Koordinator Staff Khusus Presiden Teten Masduki serta Menaker Hanif Dhakiri.
Galang Dana untuk Korban Gempa Lombok, Menaker Lelang Gitar

Pada penawaran awal, ada peserta lelang berani dengan penawaran Rp100 juta, lalu ada yang berani Rp 150 juta. Menjelang lelang ditutup, tiba tiba Jonathan Tahir mengangkat tangan dan berani dengan penawaran Rp 1 miliar.

Menteri Hanif terlihat terkejut mendengar penawaran tersebut, lalu tampak girang tiada tara.

Jonathan Tahir adalah Co-Chair Mayapada Foundation. “Mewakili Tahir Foundation, kami sangat peduli dengan nasib saudara saudara kita di NTB, dan membeli gitar ini Rp 1 miliar,” kata Jonathan sebelum berfoto bersama dengan seluruh personil Elek Yo Band.

“Terimakasih kepada Pak Jonathan Tahir dan Tahir Foundation yang memberi bantuan Rp 1 miliar melalui gitar saya,” ucap Menaker.

Menteri Hanif mengaku kaget dengan hasil lelang tersebut. Dia bersyukur gitar kesayangannya itu bisa membantu korban gempa NTB.

Menteri Hanif memang memiliki latar belakang musisi. Gitar akustik itubiasanya dia gunakan saat mengarang lagu, pentas, bikin vlog atau sekadar genjrang genjreng saat bersantai.

Penampilan Elek Yo Band yang membawakan empat lagu: Sekuntum Mawar Merah (Rhoma Irama), Kutak Bisa (Slank) Rumah Kita (God Bless) dan Don’t Forget to Remember (Bee Gaes). Penampilan keempat lagu tersebut laku dengan lelang Rp 10 miliar yang dimenagkan secara gabungan antara Grab, Intiland, Bank Panin, Mayapada & Hanson.

Acara konser amal untuk NTB malam itu berhasil mengumpulkan donasi Rp 16.575.886.044. Angka tersebut termasuk seluruh perolehan iklan acara yang seluruhnya diperuntukkan untuk penangan gempa NTB.
(akn)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5252 seconds (0.1#10.140)