HIPMI Syariah Komitmen Perkuat Ekosistem Industri Halal di Indonesia

Kamis, 07 Maret 2024 - 21:32 WIB
loading...
HIPMI Syariah Komitmen Perkuat Ekosistem Industri Halal di Indonesia
Pelantikan pengurus baru Banom HIPMI Syariah di Jakarta, Kamis (7/3/2024). FOTO/dok.SINDOnews
A A A
JAKARTA - HIPMI Syariah berkomitmen untuk memperkuat ekosistem industri halal di Indonesia. Hal itu sejalan dengan visi pemerintah untuk terus mendorong ekonomi syariah.

"Kami siap menjembatani dan memberi solusi bagi para pengusaha muda yang membutuhkan networking dengan berbagai stakeholders bisnis," ujar Ketua Umum Banom HIPMI Syariah 2022-2025, TB Iman Taufik dalam acara pelantikan pengurus baru Banom HIPMI Syariah di Jakarta, Kamis (7/3/2024).

Menurut dia HIPMI Syariah akan berperan aktif dalam berbagai upaya pengembangan ekonomi syariah di Indonesia, diantaranya melalui program syariahpreneur. HIPMI Syariah berperan sebagai wadah bagi para pengusaha muda yang memiliki visi untuk berkontribusi dalam pengembangan ekonomi yang berlandaskan pada prinsip-prinsip syariah.

"Salah satu fokus utamanya adalah mendukung pertumbuhan industri halal sebagai bagian integral dari ekonomi syariah," kata Taufik.



Sebagaimana diketahui, industri halal merupakan sektor ekonomi yang semakin penting dan berkembang pesat di Indonesia. Peningkatan pesat produk dan layanan halal, baik di pasar dalam negeri maupun di pasar global, telah menjadikan industri halal sebagai salah satu motor penggerak pertumbuhan ekonomi yang signifikan di Indonesia.

Presiden Joko Widodo sendiri pada saat menghadiri Kongres Ekonomi Umat ke-2 Majelis Ulama Indonesia (MUI), pada 10 Desember 2021 telah mencanangkan Indonesia pada 2024 sebagai pusat industri halal di dunia. Jokowi menyatakan akan mendorong pengembangan industri halal, keuangan syariah, pasar syariah, hingga kewirausahaan syariah di Indonesia.

Guna mengoptimalkan potensi dan sumberdaya ekonomi syariah di Indonesia yang sangat besar itu, perlu didukung dengan adanya peran aktif dari para pelaku usaha, organisasi, dan asosiasi pengusaha, termasuk peran HIPMI.



Selain pelantikan, kegiatan ini juga diisi dengan seminar yang diikuti para anggota dengan mengambil tema Jalan Indonesia Menjadi Juara Halal Dunia, Melalui Peran Pengusaha Muda Dalam Percepatan Menuju Indonesia Sebagai Ekonomi Syariah 2024.

"Pada kesempatan ini kami juga membahas dan mensosialisasikan master plan industri halal Indonesia yang menjadi panduan strategis pengembangan industri halal di negara ini," tutup Dewan Kehormatan BPP HIPMI Syariah Erik Hidayat.
(nng)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0983 seconds (0.1#10.140)