Genap Usia ke-74, BTN Luncurkan Logo Baru yang Lebih Modern

Jum'at, 08 Maret 2024 - 12:28 WIB
loading...
Genap Usia ke-74, BTN Luncurkan Logo Baru yang Lebih Modern
BTN luncurkan logo baru. (Foto: dok BTN)
A A A
JAKARTA – PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk (BTN) melakukan rebranding di usianya yang menginjak ke-74. BTN merilis logo baru yang menjadi simbol keberhasilan dan komitmen perseroan dalam bertransformasi menjadi bank modern dan adaptif untuk menghadapi digitalisasi.

Rebranding ini dilakukan seiring dengan transformasi perusahaan yang dilakukan untuk meraih The Best Mortgage Bank in South East Asia pada 2025.

Logo baru BTN diluncurkan dalam acara ‘BTN Anniversary Festival 2024’ di Indonesia Arena, Kompleks Olahraga Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta pada Minggu (3/3/2024).

Acara tersebut dihadiri oleh Menteri BUMN Erick Thohir. Dalam sambutannya, dia menuturkan, di ulang tahun ke-74 yang sekaligus peluncuran logo baru ini menjadi kesempatan bagi BTN untuk melakukan percepatan transformasi.

Erick mengatakan, BTN harus menjadi kepercayaan dalam solusi pembiayaan perumahan bagi masyarakat. Dia mengungkapkan, saat ini 52 persen penduduk Indonesia tinggal di perkotaan dan akan mengalami peningkatan menjadi 70 persen di 2035. Erick melanjutkan, pembiayaan untuk 600.000 rumah tidak cukup memenuhi kebutuhan masyarakat. Hal tersebut disebabkan, secara keseluruhan, tingkat kekurangan perumahan di Indonesia berada di angka 12,7 juta.

“BTN tentu sudah luar biasa, dari 600 ribu rumah, sekarang sudah 300 ribu rumah yang BTN biayai. Tapi angka 1 juta sampai 1,5 juta rumah harus menjadi terobosan,” ujarnya.

Menurutnya, BTN memiliki kemampuan untuk meraih tujuan itu karena prestasi yang terus meningkat pada beberapa tahun terakhir, baik dari aset ataupun penurunan kredit bermasalah. Dilihat dari hal tersebut, BTN terbukti bank dengan kesehatan baik.

"Perjalanan BTN luar biasa setelah mencapai usia ke-74. Pada 2019, ketika saya menjadi Menteri BUMN, BTN hanya membukukan laba Rp200 miliar. Namun, sekarang sudah mencapai Rp3,5 triliun. Hal ini berarti bank ini lebih sehat dan akan memberikan layanan yang juga sehat,” ujar Erick.

Erick berharap, BTN dapat bekerja lebih keras dan membuat strategi agar dapat menjadi solusi pembiayaan perumahan masa depan bagi anak muda.

“Nafas logo baru ini harus benar-benar dimaknai oleh seluruh BTNers dalam rangka menciptakan solusi bagi backlog perumahan kita," tuturnya.

Genap Usia ke-74, BTN Luncurkan Logo Baru yang Lebih Modern

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono hadir dalam seremoni. (Foto: dok BTN)

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono yang turut hadir dalam seremoni mengatakan, logo adalah bentuk tanggung jawab dan kredibilitas sebuah organisasi, sehingga BTN harus mencerminkan makna dari logo barunya.

"Garis merah yang dahulu di bawah kata BTN, sekarang berada di atas, artinya menjadi lebih sigap dan efisien. Sedangkan penggunaan huruf kecil berarti memasyarakat, sehingga BTN harus menjadi bank untuk rumah masyarakat," ujar Basuki.

Direktur Utama BTN Nixon L P Napitupulu menjelaskan bahwa adanya perubahan logo ini merupakan cerminan dari transformasi BTN.

Hal tersebut di antaranya, pada ranah digital berguna untuk mendukung proses bisnis dan layanan, serta operasional kantor-kantor cabang yang lebih modern. Adanya brand image modern, BTN siap bersaing di level lebih tinggi dan jadi pilihan utama nasabah.

“BTN memperkenalkan logo terbaru yang lebih fresh, kekinian, dan mengikuti perkembangan jaman. Wajah baru ini diperlukan untuk mendukung pertumbuhan core business BTN sebagai bank terkemuka dalam pembiayaan perumahan secara berkelanjutan,” ujarnya.

Dia berharap, melalui logo baru, BTN dapat menjadi one stop financial solution bagi masyarakat.

“Dengan logo baru di usianya yang ke-74, BTN unjuk gigi sebagai one stop financial solution bagi masyarakat untuk bertransaksi. Tidak hanya dalam hal pembiayaan perumahan, tapi juga beyond mortgage,” kata Nixon.

Bentuk font dari logo baru BTN ini memiliki arti optimisme. Memiliki rancangan konstruksi yang berani dan dinamis, merefleksikan BTN sebagai bank yang modern dan sesuai dengan perkembangan zaman.

Nixon menjelaskan, huruf kecil pada logo BTN berarti bank mudah didekati dan mengerti kebutuhan nasabah, berpartisipasi aktif dalam perjalanan nasabah, dan membantu mencapai tujuan hidup. BTN berharap dapat menjadi rumah.

Pada logo, di atas tulisan “btn” terdapat garis merah yang melambangkan visi bank progresif dan terus melangkah maju. BTN hendak meneguhkan posisinya sebagai lembaga keuangan visioner yang konsisten berkembang secara progresif.

Nixon mengatakan, melalui inovasi dan solusi yang telah dilakukan, BTN memposisikan diri sebagai bank beyond mortgage.

“Dengan terus menciptakan inovasi dan solusi melalui ekosistem perumahan, BTN memposisikan dirinya sebagai bank beyond mortgage atau bank yang melayani lebih dari KPR,” tuturnya.

Warna logo dynamic blue dan stabilitas merah menggambarkan BTN yang inovatif dan dinamis sebagai usaha mengembangkan dan membuat produk keuangan guna membuat ekosistem keuangan yang inovatif, modern, dan terpercaya.

Dynamic blue memiliki warna yang lebih segar dan hidup, sehingga memiliki filosofi sifat percaya diri dalam menggaet masyarakat yang lebih luas hingga luar batas negara.

Kemudian, warna stabilitas merah memiliki arti stabilitas, mencerminkan kekuatan serta ketahanan institusi yang dibangun lewat pengalaman berharga selama bertahun-tahun.

Nixon mengungkapkan bahwa perubahan logo ini mulai efektif dilakukan pada Minggu (3/3/2024). Hal tersebut dilakukan dengan tidak ada perubahan nama perseroan, yaitu PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk.

Kemudian, adanya perubahan merek dan logo ini tidak berpengaruh dengan kerja sama maupun perjanjian yang sedang dilakukan, baik antara perseroan dengan nasabah atau antara perseroan dengan pihak ketiga.

Informasi lebih lengkap melalui hal ini akan dituliskan melalui website BTN. Tidak hanya itu, nasabah juga dapat menghubungi BTN Call.

BTN Anniversary Festival 2024

Selain peluncuran logo baru, dalam rangka Hari Ulang Tahun ke-74, BTN juga menggelar BTN Anniversary Festival 2024.

Acara tersebut dihadiri oleh manajemen dan karyawan BTN beserta keluarga, dan sejumlah musisi ternama Tanah Air di Indonesia Arena, Kompleks Olahraga Gelora Bung Karno, Jakarta, Minggu (3/3/2024).

Pada acara ini, BTN juga turut mengadakan beberapa kegiatan lainnya, seperti BTN Run (5K, 10K, dan Aquathlon), Fun Run 3K, Basket 3 on 3, BTN Culinary, serta BTN Soundphoria.

Berikut rangkaian kegiatan yang terselenggara:

• BTN Run (5K, 10K, dan Aquathlon) & Fun Run 3K

Genap Usia ke-74, BTN Luncurkan Logo Baru yang Lebih Modern

BTN Run. (Foto: dok BTN)

Perlombaan ini terdiri dari kategori lari jarak 5 KM dan 10 KM. Lalu, Aquathlon (berlari 2,5 KM – berenang 500 meter – berlari 2,5 KM) dengan peserta masyarakat umum atau BTNers.

Lomba ini digelar guna meningkatkan brand engagement dan brand awareness logo terbaru BTN, serta produk dan layanan yang dimiliki.

Tidak hanya itu, terdapat pula Fun Run dengan jarak 3 KM yang dapat diikuti.

• BTN Culinary (Promo Spesial Rp7.400 atau Diskon 74 persen)

Guna meningkatkan potensi bisnis BTN, perseroan memberikan promo harga spesial HUT BTN ke-74 dengan diskon 74 persen atau sebesar Rp7.400 dan promo lainnya jika melakukan transaksi melalui QRIS BTN Mobile dan Kartu Debit BTN Visa. Promo tersedia di 74 merchant, tenant, UMKM, dan rekanan dari BTN.

• BTN Soundphoria

BTN Soundphoria menjadi salah satu daya tarik dari sejumlah rangkaian acara dari BTN Anniversary Festival 2024 dengan menyuguhkan hiburan dari sederet musisi kondang Tanah Air, seperti Ari Lasso, Gigi, Sammy Simorangkir, Armada, dan Ayu Ting Ting.

Acara ini juga bertujuan untuk meningkatkan brand engagement dan brand awareness BTN.

Dalam rangka menarik lebih banyak masyarakat umum terhadap produk dan layanan BTN, perseroan turut meluncurkan sejumlah penawaran terbaru, yaitu BTN Kita, BTN ATYA.

Sebagai upaya untuk menggaet lebih banyak masyarakat terhadap produk dan layanan BTN, perseroan merilis sejumlah program baru, yaitu BTN Kita dan BTN ATYA.

Nixon berharap, BTN dapat memberi pelayanan terbaik untuk nasabah.

“BTN berharap dapat memberikan pelayanan terbaik bagi para nasabah dengan menjadi bank pilihan untuk menabung, bertransaksi, dan memenuhi kebutuhan perumahan masyarakat,” tutup Nixon.
(skr)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 1.3007 seconds (0.1#10.140)