Harga Minyak Dunia Menyusut Saat Tarif Tambahan AS Hantam China

Senin, 17 September 2018 - 10:11 WIB
Harga Minyak Dunia Menyusut Saat Tarif Tambahan AS Hantam China
Harga Minyak Dunia Menyusut Saat Tarif Tambahan AS Hantam China
A A A
BEIJING - Harga minyak mentah dunia pada awal perdagangan Asia, Senin (17/9/2018) menyusut lebih rendah di tengah keprihatinan bahwa Amerika Serikat (AS) bersiap terapkan tarif tambahan kepada produk-produk asal China. Sentimen selanjutnya datang dari kecemasan melonjaknya pasokan, meski sanksi terhadap Iran bakal berjalan.

Dilansir Reuters hari ini, terpantau harga minyak mentah berjangka Brent diperdagangkan lebih rendah 16 sen atau 0,2% menjadi USD77,93 per barel pada pukul 00.35 GMT. Sementara harga minyak berjangka AS West Texas Intermediate (WTI) jatuh sebesar 20 sen yang setara 0,3% ke level USD68,79 per barel.

"Harapan pasar mulai memudar setelah data pekan ini menunjukkan adanya peningkatan dalam persediaan. Sedangkan investor telah menurunkan prospek permintaan minyak," kata Wang Xiao, Kepala Penelitian Minyak Mentah dari Guotai Junan Futures.

Sebelumnya pada akhir pekan kemarin, Presiden AS Donald Trump kemungkinan siap untuk mengumumkan tarif baru senikai USD200 miliar pada impor China pada awal pekan, hari ini. Hal ini disampaikan oleh pejabat senior pemerintahan kepada Reuters, pada hari Sabtu, kemarin.

Situasi terkini perdagangan menjadi perhatian investor saat masih dibayangi kekhawatiran tentang potensi pertumbuhan yang melambat dalam konsumsi minyak, offsetting kekhawatiran pasokan yang berasal dari sanksi baru AS terhadap Iran atas program nuklirnya.

Di sisi lain pengolahan minyak di India, yang merupakan pembeli terbesar kedua Iran berniat memangkas bongkar muat minyak mentah bulanan mereka dari Iran untuk bulan September dan Oktober hampir setengah dari awal tahun ini. Sentimen yang menjadi beban bagi harga minyak yakni adanya penambahan dua rig minyak AS dalam pekan ini.
(akr)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3183 seconds (0.1#10.140)