Kronologi Kebakaran Hebat di Kota Bambu, Diduga Berawal dari Kontrakan Tukang Nasi Goreng

Minggu, 17 Maret 2024 - 12:10 WIB
loading...
Kronologi Kebakaran Hebat di Kota Bambu, Diduga Berawal dari Kontrakan Tukang Nasi Goreng
Kebakaran hebat melanda permukiman padat penduduk di Jalan Kota Bambu Raya, RT13 dan RT14/RW03, Kelurahan Kota Bambu Utara, Kecamatan Palmerah, Kota Jakarta Barat, Minggu (17/3/2024) dini hari. FOTO/TANGKAPAN LAYAR
A A A
JAKARTA - Kebakaran hebat melanda permukiman padat penduduk di Jalan Kota Bambu Raya, RT13 dan RT14/RW03, Kelurahan Kota Bambu Utara, Kecamatan Palmerah, Kota Jakarta Barat, Minggu (17/3/2024) dini hari. Kebakaran diduga berawal dari kontrakan tukang nasi goreng lalu merembet ke bangunan lainnya.

Sonia (52), Ketua RT 14/RW 03 Kelurahan Kota Bambu Utara menjelaskan kronologi kebakaran yang terjadi pada pukul 01.30 WIB tersebut.

"Jadi saya nggak lihat langsung. Tapi kalau kata warga yang jadi saksi mata, ada rumah kosong, kamar kosong terus bunyi bluduk, tapi bukan gas. Terus api nyala gede gitu," kata Sonia ketika ditemui di lokasi, Minggu (17/3/2024) siang.



Sonia meyakini kebakaran tersebut bermula dari kontrakan semi permanen yang banyak dihuni tukang nasi goreng yang sedang mempersiapkan bahan-bahan untuk berjualan, kemudian menyambar ke kabel listrik hingga tiang listrik. "Bukan suara ledakan tapi bunyi prit gitu. Kalau dari gas kan ada bau gas," jelasnya.

Menurutnya, jumlah petakan yang kebanyakan dua lantai tersebut berjumlah puluhan unit. Kebanyakan merupakan bangunan lama. "Kalau kontrakan kan 1 rumah cuma dipetakin. Jadi ada kontrakan kecil 70 lebih. Hangus semua rata dengan tanah," tutur Sonia.

Wahidin, salah satu penghuni kontrakan petakan yang berprofesi sebagai tukang nasi goreng mengaku kaget dengan kejadian tersebut. Ia mendatangi rumah RT untuk mengurus dokumen kependudukan yang terbakar.

"Ada sekitar 25 orang pedagang nasi goreng yang hunian rumah petakannya terbakar. Mereka ngontrak di situ bayar ada yang Rp200.000 sampai Rp300.000 per bulan. Kalau saya di sini sudah lama sejak 1987," tuturnya.



Sebelumnya, akun Instagram @humasjakfire mengabarkan kebakaran yang melanda bangunan rumah tinggal di Jalan Kota Bambu Raya, Kelurahan Kota Bambu Utara, Kec. Palmerah, Jakarta Barat.

"Pemadam Jakarta segera dikerahkan menuju lokasi untuk melakukan pemadaman yang mulai beroperasi pukul 02.42 WIB. Pengerahan sebanyak 20 unit serta 110 personel berhasil melokalisir perambatan api," tulis akun tersebut.

Pada pukul 03.45 WIB pemadaman masuk dalam tahap pendinginan oleh petugas. Petugas berupaya mengurai material yang terbakar agar tidak menyisakan api maupun asap.
(abd)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0925 seconds (0.1#10.140)