Tips Percantik Hunian Saat Lebaran

Rabu, 29 April 2020 - 09:47 WIB
loading...
Tips Percantik Hunian Saat Lebaran
Demi menghormati tamu yang berkunjung pada Hari Lebaran di tengah wabah corona, tidak ada salahnya Anda mempercantik hunian. Foto/ikea.co.id
A A A
JAKARTA - Demi menghormati tamu yang berkunjung pada Hari Lebaran di tengah wabah corona, tidak ada salahnya Anda mempercantik hunian. Tidak harus mengganti perabot, sentuhan kecil pun bisa membuat hunian terlihat berbeda.

Kesenangan menyambut Lebaran bukan hanya soal keberhasilan menyelesaikan puasa. Mendekorasi dan menata ulang rumah pun akan menjadi tantangan dan kesenangan tersendiri. Orang yang biasanya enggan membenahi rumah juga akan berusaha mengubah tampilan rumahnya menjadi lebih rapi dan bersih.

Mempercantik tatanan rumah pada hari raya memang sangat beragam. Mulai mengecat rumah, menata ulang perabot, sampai menambah koleksi furnitur baru. Sebetulnya dengan kreativitas, Anda bisa mengubah tatanan ruang lama terlihat baru. Penataan ruang yang indah tidak harus membuat Anda sibuk mengganti mebel baru dengan yang mahal atau pernak-pernik baru.

Desainer interior Denny Setiawan mengatakan, untuk memperindah hunian menjelang Lebaran tidak perlu dengan interior baru. Yang diperlukan hanyalah inovasi dan kreativitas dalam memanfaatkan barang-barang yang sudah ada. Terlebih dalam kondisi seperti ini, tentu sangat tidak mungkin melakukan renovasi besar.

“Menjelang hari raya, biasanya yang dipersiapkan paling utama adalah ruang tamu. Rumah dibilang baik jika semua ruang bisa berkomunikasi dengan pemilik dan tamunya. Untuk menjaga ruang tamu tetap nyaman, pastikan ruangan ini memiliki bukaan jendela yang lebar dan terkena sinar matahari," ujar Denny.

Tidak sulit untuk memulai menata ruangan. Tahap pertama adalah mengganti kulit sofa lama dengan motif baru. Kualitas perabotan pun bisa ditambal sulam. Jika bahannya terbuat dari kayu jati, Anda bisa menggunakan melamin. Jika bahannya kayu biasa, sebaiknya gunakan cat berwarna cerah.

“Bisa juga menggunakan kain penutup sofa. Kalau dananya besar, boleh menggantinya dengan yang baru atau bisa dengan menambahkan bantal untuk menutupi bahan yang sudah tidak enak dilihat,” paparnya.

Diketahui, sofa menjadi furnitur utama untuk menerima tamu yang datang saat Lebaran nanti. Untuk menjaga agar sofa tetap bersih, Anda harus mengetahui cara tepat membersihkan sofa sesuai jenis kulitnya.

Selain itu, Anda bisa mengubah cat dinding lama dengan nuansa baru. Jika waktu Anda tidak banyak, tidak perlu semua dinding dicat. Pilih salah satu dinding yang menjadi pusat perhatian, misalnya ruang tamu, ruang keluarga, atau ruang makan.

Setelah dicat, tambahkan aksesori pemanis seperti lukisan bernuansa bunga atau kaligrafi, bisa pula memajang foto keluarga. Namun, jika anggaran dana tidak memungkinkan untuk membeli lukisan atau pigura, Anda bisa memajang kain batik yang masih tampak bagus. Gelarlah karpet kecil berpola, lalu letakkan tanaman di dalam rumah untuk menampakkan kesan segar. Bunga-bunga yang ada di halaman diganti vasnya agar tampak bersih.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1435 seconds (0.1#10.140)