5 Tips Jitu Agar Keuangan Tetap Stabil Selama Mudik dan Lebaran

Jum'at, 29 Maret 2024 - 09:00 WIB
loading...
5 Tips Jitu Agar Keuangan Tetap Stabil Selama Mudik dan Lebaran
(Foto: istimewa)
A A A
JAKARTA - Momen mudik dan Lebaran kerap menimbulkan beban keuangan yang cukup besar bagi setiap orang yang menjalankan. Meski sudah ada THR, nyatanya kebutuhan lebih besar dari yang Anda dapatkan.

Meski sudah memanfaatkan pembayaran Tokopedia paylater agar belanja kebutuhan mudik serta Lebaran bisa lebih praktis dan fleksibel, penting juga untuk merencanakan keuangan dengan baik dan bijak dalam menggunakan THR.

Agar keuangan tetap stabil setelah mudik dan Lebaran, mari simak 5 tips berikut.

1. Membuat Anggaran Sebelum Mudik

Hal yang mungkin luput ketika mendapatkan THR lebaran adalah tidak adanya perencanaan keuangan akan dibelanjakan ke mana saja dan kebutuhan apa saja.

Padahal, perencanaan sangat penting untuk mengalokasikan dana sesuai dengan kebutuhannya, sehingga pengeluaran dari THR lebaran jelas pemakaiannya serta besaran masing-masing alokasinya.

Salah satu yang mungkin cukup menguras dana adalah biaya transportasi mudik, apalagi jika menggunakan pesawat terbang, pasti akan butuh dana berkali lipat.

Oleh karena itu, penting untuk membuat anggaran sebelum mudik terutama dalam menghitung berapa kebutuhan bensin serta akomodasi apa yang terbaik buat Anda pilih selama perjalanan mudik.

2. Hindari belanja yang tidak perlu

Sesaat setelah menerima transferan THR lebaran biasanya Anda sudah mulai gatal ingin belanja sesuatu yang diinginkan sejak lama. Tahan dulu keinginan tersebut dan pikirkan kembali pada tujuan utama. Misalnya, tabungan umroh, tabungan rumah, atau dana pensiun.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1645 seconds (0.1#10.140)