Hati-hati, Banyak Calo Jual Tiket Mudik Gratis Kemenhub

Selasa, 02 April 2024 - 11:47 WIB
loading...
Hati-hati, Banyak Calo Jual Tiket Mudik Gratis Kemenhub
Kemenhub menemukan banyak calo yang memperjualbelikan tiket mudik gratis angkutan Lebaran 2024. FOTO/Istimewa
A A A
JAKARTA - Direktorat Jenderal Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan menemukan adanya pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab yang memperjualbelikan tiket mudik gratis angkutan lebaran 2024.

Direktur Jenderal Perhubungan Darat, Hendro Sugiatno meminta agar masyarakat tidak menjual tiket yang sudah didapatkan melalui aplikasi MitraDarat dan mengimbau pemudik agar tidak membeli tiket mudik gratis dari calo. Saat ini kuota mudik gratis dengan moda bus dapat dicek secara berkala di aplikasi MitraDarat, karena apabila ada yang gagal validasi kuota akan otomatis terbuka.

"Kementerian Perhubungan sangat menyayangkan kejadian ini. Mudik gratis bertujuan untuk memberikan kesempatan kepada masyarakat agar bisa mudik lebih aman, selamat, nyaman dan tentunya tanpa biaya. Kami meminta agar masyarakat tidak memperjualbelikan tiket mudik gratis," ujar Hendro dalam keterangan resminya, Senin (1/4/2024).

Baca Juga: Kemenhub Tambah Kuota Mudik Gratis, Pendaftaran Buka Hari Ini

Ia menambahkan bahwa dengan adanya jual-beli tiket ini bisa mengambil kesempatan orang lain yang benar-benar membutuhkan untuk pulang ke kampung halaman dengan gratis menggunakan angkutan umum.

Adapun, Ditjen Hubdat Kementerian Perhubungan pada prosesnya nanti akan melakukan validasi ulang di Hari H keberangkatan sehingga tiket tidak dapat digunakan apabila terdapat perbedaan nama dan Nomor Induk Kependudukan (NIK).

"Nanti akan dilakukan pencocokan nama dan NIK yang tertera pada tiket mudik gratis melalui pemeriksaan Kartu Tanda Penduduk (KTP) para peserta saat Hari H keberangkatan. Yang identitasnya berbeda tidak akan bisa ikut berangkat mudik gratis," ungkap Dirjen Hendro.

Baca Juga: Pemprov DKI Jakarta Siapkan Bus Mudik Lebaran Gratis Khusus Disabilitas

Di sisi lain, Hendro mengingatkan masyarakat yang serius mengikuti program Mudik Gratis untuk segera melakukan validasi pada posko-posko yang telah disediakan agar mendapatkan tiket fisik dan diharapkan mengonfirmasi keberangkatannya apabila terdaftar di 2 atau lebih program Mudik Gratis yang berbeda.

"Kementerian Perhubungan akan terus mengawal dan mengawasi apabila terjadi hal-hal yang tidak semestinya pada program Mudik Gratis 2024 ini demi keselamatan dan keamanan bersama," tutupnya.
(nng)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1358 seconds (0.1#10.140)