Antisipasi Penukaran Uang di Jalur Mudik, Ini Gebrakan BI

Kamis, 04 April 2024 - 14:45 WIB
loading...
Antisipasi Penukaran Uang di Jalur Mudik, Ini Gebrakan BI
Direktur Departemen Pengelolaan Uang BI Faris Budiawan di Kompleks MNC Media, Kebon Sirih, Jakarta, Kamis (4/4/2024). FOTO/Anggie Ariesta
A A A
JAKARTA - Bank Indonesia (BI) melakukan antisipasi penukaran uang rupiah di jalur mudik melalui koordinasi dengan kantor kas daerah. BI juga menambah lokasi layanan penukaran di jalur mudik melalui Program BI Peduli Mudik, yaitu di rest area jalan tol dan hub transportasi seperti pelabuhan dan stasiun kereta.

“Jadi kami melakukan persiapan untuk penukaran di lokasi-lokasi yang dilalui arus mudik di seluruh Indonesia,” kata Direktur Departemen Pengelolaan Uang BI, Faris Budiawan saat ditemui MNC Portal di Kompleks MNC Media, Kebon Sirih, Jakarta, Kamis (4/4/2024).



BI juga telah menggelar penukaran uang pada 499 lokasi, yang terdiri dari lokasi strategis antara lain di stadion, alun-alun kota, Kas Keliling BI di pasar tradisional dan modern, Program Tematik Susur Sungai, dan di lokasi-lokasi mudik seperti rest area jalan tol dan hub transportasi.

“Saat ini kami sedang ada kas keliling di KM 57 daerah Cikampek sana, kemudian di beberapa area arus mudik itu juga kita koordinasi dengan BI di daerah untuk membuka tempat penukaran di rest area,” jelas Faris.



Kegiatan serupa juga dilakukan di tempat penyeberangan di Bakauheni, serta sejumlah stasiun dan bandara. Faris menekankan, hal tersebut dilakukan BI untuk masyarakat dapat melakukan penukaran uang baru sambil pulang ke kampung halaman.

"Message-nya supaya masyarakat bisa menikmati jalur ini dan bisa melakukan penukaran uang baru pada saat mereka mudik Hari Raya," jelas Faris.
(fjo)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1830 seconds (0.1#10.140)