Wirausaha Muda Indonesia Juara Shell Livewire Top Ten Innovators

Jum'at, 16 November 2018 - 13:26 WIB
Wirausaha Muda Indonesia Juara Shell Livewire Top Ten Innovators
Wirausaha Muda Indonesia Juara Shell Livewire Top Ten Innovators
A A A
JAKARTA - Prestasi membanggakan diraih Greenna, inovator dari Indonesia, setelah meraih penghargaan tertinggi dalam kategoriSocial Enterprises(wirausaha sosial) Shell LiveWIRE Top Ten Innovators Awards. Event ini merupakan kompetisikewirausahaanglobal yang menyeleksi dan memberikan penghargaan kepada para wirausahamuda dengan inovasi terbaik.

Siapa Greenna? Kelompok ini adalah sebuah wirausaha sosial asalDesa Cisalopa,Bogor, Jawa Barat. Greenna tidak hanya mengumpulkan sampah daur ulang dari perusahaan, desa dan sekolah. Mereka juga membangun kapasitas dan kemampuan masyarakat lokal untuk menjadi bagian dari solusi melalui sistem pengelolaan sampah terpadu dengan pengembangan komunitas dan pendidikan.

Greenna berhasil meraih kemenangan setelah melewatiseleksi danpenjurian kompetisi yang ketat dan mengalahkan dua pesaing wirausahasosiallainnya di babak final,yaitu Mulheres Do Sul Global dari Brazil dan Ai Brique (Malaysia). Sebanyak 10 finalis Top Ten Innovators 2018 berasal dari Indonesia, Malaysia, Inggris, Nigeria, Perancis dan Brazil yang terpilih dari para alumni program Shell LiveWIRE di 17 negara di dunia.

''Penghargaan Top Ten Innovators adalah sesuatu yang luar biasa bagi Greenna. Prestasi ini bukan hanya prestasi Greenna, tapi juga prestasi untuk seluruh warga Desa Cisalopa yang selalu mendukung Greenna selama ini. Terima kasih kepada Shell Indonesia yang telah membina kami sehingga kami dapat meraih prestasi ini,”ujar CEO dan pendiri Greenna, Nina Nuraniyah dalam keterangan resminya.

Sukses tersebut diapresiasi Presiden Direktur dan Country Chairman Shell Indonesia, Darwin Silalahi, dengan menyebut prestasi Greenna tersebut membanggakan Indonesia. ''Sebuah kebanggaan bahwa wirausaha muda Indonesia meraih penghargaan internasional Shell LiveWIRE Top Ten Innovators. Ini membuktikan bahwa generasi muda Indonesia mampu berinovasi, menjadi agen perubahan untuk memberikan solusi bagi lingkungannya dan masa depan Indonesia,''kata Darwin.''Shell Indonesia melalui program Shell LiveWIRE berkomitmen untuk terus terlibat aktif dalam membina wirausaha muda, meningkatkan kualitas mereka agar kelak menjadi pebisnis tangguh,”lanjutnya.

Setelah melaluirangkaian seleksi danpenjurian yang ketat, para pemenang Shell LiveWIRE Top Ten Innovators Award diumumkanpadaRabu, 14 November 2018, di Kuching, Malaysiayang bertepatan denganGlobal Entrepreneurship Week (GEW). Terdapat 3 kategori dalam penilaian Top Ten Innovators, yaitu Energy Solutions, Retail Supply Chain dan Social Enterprises.

Kategori Energy Solutions menyeleksi wirausaha muda yang memiliki inovasi yang disruptif dalam arti membantu menciptakan pasar baru dan memiliki potensi untuk menggantikan teknologi yang saat ini digunakan. Kategori kedua, Retail Supply Chain, mencari wirausaha muda yang memiliki inovasi yang dapat mendorong tercapainya keberlanjutan rantai pasokan serta mendukung upayaReduce, Reuse, Recycle.

Kategori Social Enterprises dianugerahkan kepada wirausaha muda yang bisnisnya membantu mendorong kemajuan manusia dan menghasilkan perubahan sosial yang positif dalam berbagai bidang. Selain tiga kategori tersebut, juga terdapat penghargaan Outstanding Achievement bagi wirausaha yang memiliki prestasi luar biasa dan layak untuk mendapatkan pengakuan di tingkat internasional.

Para pemenang setiap kategori menerima hadiah sebesar USD20.000 dan runner-up masing-masing kategori menerima USD10.000. Kesepuluhjuara menerima paket award, termasuk dukunganmentoringdari para ahli Shell, peluang keuntungan dari jaringan pemasaran dan peluang sebagai pemasok dalam jaringan bisnis ritel Shell.

''Suatu pengalaman yang sangat menginspirasi melihat semangat para wirausaha dari seluruh dunia dalam berbagi gagasan inovatif bisnis mereka yang dirancang untuk menghadapi permasalahan paling genting di dunia ini,” ujar Joerg Wienke, VP Global Retail Marketingdari Shell yang merupakan salah satu juri dalam panel penjurian Top Ten Innovators.

Sebagai bagian dari acara Top Ten Innovators, para wirausaha melakukan kunjunganke salah satu SPBUShell. Mereka diajak untuk berkolaborasidalammencari gagasan inovatif terpadu bersama para karyawan dari bagian operasional dan pemasaran Shellyang dapat mendukung tercapainyakeberlanjutandi bisnis ritel Shellserta mendapatkandukungan dari komunitas lokal.
(aww)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4054 seconds (0.1#10.140)